Di era konsumsi saat ini, konsumen semakin tidak rasional dalam membeli kebutuhanya sehingga dapat dikatakan semakin konsumtif. Sikap konsumtif dapat muncul dikarenakan seseorang kurang bisa untuk membedakan antara kebutuhan, keinginan, dan permintaan. Gaya hidup yang tinggi dan cenderung mewah akan meningkatkan pola perilaku konsumtif mahasiswa. Mahasiswa mempunyai gaya hidup yang cukup sering dalam mengikuti mode fashion yang sedang trendi. Oleh karena itu literasi ekonomi sangat dibutuhkan oleh mahasiswa agar dapat mengambil keputusan yang tepat dan cerdas serta mereka mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi 2016 secara bersama-sama ataupun parsial. Jenis penelitian ini yaitu asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 mahasiswa. Penelitian ini mengolah data dengan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) literasi ekonomi (X1) tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif (Y) mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNESA sebesar 0,314, (2) gaya hidup (X2) berpengaruh terhadap perilaku konsumtif (Y) mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNESA sebesar 0,001, (3) literasi ekonomi (X1) dan gaya hidup (X2) berpangaruh terhadap perilaku konsumtif (Y) sebesar 0,002.
Kata kunci : perilaku konsumtif, gaya hidup, literasi ekonomi.
In the current era of consumption, consumers are increasingly irrational in buying their needs so that it can be said to be increasingly consumptive. Consumptive attitude can arise because someone is less able to distinguish between needs, desires, and requests. A high lifestyle and tend to be luxurious will increase the pattern of student consumptive behavior. Students have a lifestyle that is quite often in following trendy fashion trends. Therefore, economic literacy is needed by students to be able to make the right and smart decisions and they can apply them in their daily lives.
This study aims to determine the effect of economic literacy and lifestyle on consumer behavior of Department of Economic Education 2016 together or partially. This type of research is associative with a quantitative approach. The sample in this study were 78 students. This study processes data with the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) program and the data analysis technique used is multiple linear regression analysis and the classical assumption test.
The results of this study indicate (1) economic literacy (X1) does not affect the consumer behavior (Y) of UNESA Department of Economic Education students by 0,314, (2) lifestyle (X2) affects the consumer behavior (Y) of UNESA Department of Economic Education students by 0,001 , (3) economic literacy (X1) and lifestyle (X2) affect the consumption behavior (Y) of 0.002.
Keywords: consumptive behavior, lifestyle, economic literacy.