Kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Kejuruan mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Wajib kelas X terdapat salah satu kompetensi dasar yang mempelajari tentang bagaimana cara Merancang Dokumen Tahap Praproduksi. Pada kompetensi ini peserta didik akan mempelajari tentang konsep pembuatan video, teknik pembuatan sinopsis, naskah, dan storyboard.
Berdasakan hasil observasi yang telah dilakukan di SMKN 3 Kediri, ditemukan masalah 19 dari 34 peserta didik kelas X Busana 1 belum mampu mencapai KKM. Masalah ini terjadi karena terbatasnya sumber belajar berupa buku paket yang dimiliki sekolah. Selain itu, pendidik yang masih menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam proses pembelajaran berlangsung membuat peserta didik kurang maksimal dalam menerima materi yang disampaikan. Solusinya adalah diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu e-modul berbasis android untuk membantu pendidik maupun peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-modul berbasis aplikasi android yang layak dan untuk mengetahui keefektifan media e-modul dalam proses pembelajaran pada kelas X di SMKN 3 Kediri.
Model dan prosedur yang digunakan yaitu model pengembangan R&D Sugiyono. Dalam pelaksanaan pengembangan dilakukan beberapa tahap diantarnya: Pengumpulan data dan desain produk, validasi (ahli materi dan ahli media), revisi produk, uji coba (uji coba perorangan, kelompok kecil, dan pemakaian). Selain itu juga melakukan eksperimen untuk mengetahui efektivitas media. Pengumpulan data menggunakan angket yang dianalisis menggunakan rumus diskriptif presentase. Sedangkan data eksperimen dihitung dengan menggunakan rumus uji-t.
Berdasarkan pada hasil validasi ahli materi dan ahli media serta serangkaian uji coba kepada peserta didik mendapatkan kategori sangat baik. Sehingga media dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil perhitungan uji-t posttest menunjukkan thitung = -2,1277 < ttabel = 1,99444. Sehingga thitung berada pada daerah penolakan H0 yang berarti Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini, media efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan, E-Modul, Dokumen Praproduksi.
Curriculum 2013 based on Vacational High School, there is a simulation and communication digital subject for X grade students. That subject contains one of the basic competencies that learns about how to construct a document in pre-production stage. In this competencies the students will learn about the concept of making videos, making synopsis techniques, scripts, and storyboards.
Based on the results of observations that have been conducted at SMK 3 Kediri. The researcher found some problems that were 19 of the 34 fashion department 1 students grade X have not been able to reach Minimum Criteria of Mastery Learning. These problem occurred because of the limited learning sources in the form of textbooks owned by the school. In addition, the teachers who still use the lecture method and assignments in the learning process take place making students less in receiving the material presented. The teacher needs a learning medium that is appropriate with the teachers and students needs, such as e-module android to help the teachers and the students in learning processes. This resource aims to develop e-module medium based android application that appropriate and to know the effectiveness of e-module medium in the learning process at X at SMKN 3 Kediri.
The method and procedures that the researcher used are Research and Development method (R&D) by Sugiyono. In the implementation of the development, the researcher did some stages, that were data collection and design product, validation (material expert and media expert) revision product, trials (trials for individual, small group, users). Furthermore, the researcher also did an experiment to know about the medium activities. In data collection the researcher used questionnaires that have been analyzed with descriptive percentage formula. Also in experiment data the researcher calculating using T-test.
According to validation result from material expert and media expert also some trials for students, the researcher concluded that it was included in very good category. So, the medium can be stated that it is appropriate to use in learning process. The result from T-test post-test shown tscore = -2,1277 <table = 1,99444. So, tscore in the rejection area H0 that means Ha accepted. Finally, it can be concluded that this medium is effective to use in learning process.
Keywords : Development, E-Module, Preproduction document.