English Registers Used in Manual Coffee Brewing and Barista’s Identity in Coffee Community
Dalam secangkir kopi terdapat teknik seduh manual yang menggunakan bantuan manusia untuk menyeduh kopi dinamakan “manual brew”. Tingkat kompleksitas yang cukup tinggi sehingga teknik tersebut memerlukan “registers” khusus dan barista memerlukan “register” tersebut untuk mempermudah dalam mengungkapkan situasi atau kondisi dalam penyeduhan kopi “manual brew”. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui istilah beserta dengan artinya didalam teknik penyeduhan kopi “manual brew” dan refleksi penggunaan istilah tersebut, terhadap “identity” Barista didalam melakukan tugasnya. Didalam penelitian ini yang merupakan penelitian kualitatif menggunakan teknik observasi secara langsung dan wawancara. Data berupa “register” yang merupakan hasil dari mengikuti kegiatan diskusi kopi yang mana barista memunculkan “register”. Data “register” akan dianalisis dengan menghubungkan arti “register” dari kegiatan tersebut dengan beberapa buku atau sumber. Data dari wawancara berasal dari tiga Barista dari komunits kopi di Gresik yang dianalisis dengan teori “identity”. Terdapat tiga teori yang digunakan didalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teori “registers” dari Conrad, Biber dan Neumann, “language variation” dari Wardhaugh, dan “identity” dari Anca dan Kiernan. Dari hasil penelitian terdapat lima puluh istilah dalam pembuatan kopi seduh manual yang menggunakan bahasa inggris dan dibagi menjadi tiga jenis yaitu “bean registers”, “brewing registers”, dan “taste registers” dan terdapat istilah yang berkembang. Dari hasil wawancara yang telah di analisis juga menjelaskan bahwa barista harus memiliki “identity” yang baik dalam pelayanan untuk pekerjaannya sebagai barista contoh: menjadi Barista yang ramah, kompleks, menghibur dll. Hal ini dimaksudkan untuk barista sebagaimana mereka harus meberikan pelayanan kepada pelanggan. Oleh karena itu, barista harus mempunyai “identity” yang baik sehingga bisa mempengaruhi kualitas pasar sebuah kedai kopi
In a cup of coffee, there is a technique to brew a coffee manually that a human or a person to brew it. That technique is called manual brew. Due to the complexity, manual brew coffee needs register, and Barista must know those registers in order to explain the situation and condition about it. This research was to reveal the registers along with its meaning and identity reflection for baristas in fulfilling the job description. This research was qualitative research. Direct observation and interviews used to gather the data. The registers were from coffee talks in the coffee community, by joining the coffee talks with direct observation, the baristas show the registers, and the registers will be cross-referenced with related sources. Due to the identity, the data was from interviewing three baristas from the coffee community in Gresik. There were three theories used in this research; there are registers from Conrad, Biber and Neumann, language variation from Wardhaugh, and identity from Anca and Kiernan. From the research, the registers that shown by the community in the coffee talk were fifty registers. Those registers could be separated into three classifications there were “bean registers”, “brewing registers”, and “taste registers” and there were some registers that developed. For the interview, the analysis result showed that baristas must have the right attitude as their identity in their job for example, by being polite, humble, complex, and funny, etc. As the matter of fact, baristas must give services to customer and to do that they must have the right attitude to become an identity and it will affect the coffee shop quality.