Pemanfaatan Limbah Plastik Pada Mata Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Dalam Berkreasi Untuk Siswa SMKS Kesehatan Yannas Husada
Utilization of Plastic Waste in Learning Creative Products and Entrepreneurship in Creativity for Yannas Husada Health Vocational School Students
ABSTRAK
Afendiyanto, Arrya. 2023. Pemanfaatan Limbah Plastik Pada Mata Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Dalam Berkreasi Untuk Siswa SMKS Kesehatan Yannas Husada. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing :
(1) Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si. ,(2) Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Kata kunci : Pemanfaatan Limbah Plastik, Pembelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan, Berkreasi, SMKS Kesehatan Yannas Husada
Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di SMKS Kesehatan Yannas Husada memuat kompetensi berkreasi 3.4 Menganalisis konsep desain/ prototype produk barang/jasa, 4.4 Membuat desain/ prototype, produk barang/jasa. Kompetensi berikutnya 3.8 Menerapkan metode perakitan produk barang/jasa dan 4.8 Melakukan perakitan produk barang/jasa, melakukan perakitan produk barang/jasa. Sementara itu di lingkungan sekolah ini terdapat limbah plastik yang berlimpah. Pemanfaatan limbah plastik dalam pembelajaran PKK di SMKS Kesehatan Yannas Husada diharapkan menghasilkan karya seni. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan proses berkreasi dalam pembelajaran PKK dengan memanfaatkan limbah plastik pada siswa SMKS Kesehatan Yannas Husada. 2) Menganalisis hasil karya siswa dalam berkreasi pada pembelajaran PKK dengan memanfaatkan limbah plastik di SMKS Kesehatan Yannas Husada.
Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah pembelajaran berkreasi memanfaatkan limbah plastik dalam mata pelajaran PKK di SMKS Kesehatan Yannas Husada di kelas XIA-Farmasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis berupa data reduction, data display serta verifikasi data. Teknik pengecekan keabsahan data berupa kreadibilitas, keterampilan, kebergantungan dan kepastian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses berkreasi siswa dalam pembelejaran PKK dengan berkreasi menggunakan limbah plastik, menggunakan metode pembejaran berbasis project based learning. Tahapan dalam berkarya ini terdiri atas, 1) mendesain sketsa karya sebagai bagian dari membuat desain proyek, dengan hasil terdapat 2 siswa mendapat nilai kurang bagus, dengan simpulan belum bisa menuangkan secara lugas konsep desain, dan terdapat 4 siswa cukup bagus dalam menuangkan ide konsepnya dengan simpulan mampu mewujudkan desain karya namun belum detail, sisanya sebanyak 6 siswa sangat bagus dengan mampu mendesain karya dengan baik. (2) Berikut hasil karya siswa saat berkreasi menggunakan limbah plastik sebagai pembuatan pembuatan proyek, yaitu terdapat 1 siswa yang memiliki nilai B, yaitu cukup kreatif dengan simpulan hasil yang kurang maksimal pada hiasan ornamennya dan 11 siswa memiliki nilai kreatif, dengan simpulan mampu membuat produk kreatif yang menarik. Dapat di simpulkan karya bentuk siswa terinspirasi dari bentuk visual yang sering mereka temui yaitu makan dan bentuk kartun yang sedang tren.
ABSTRACT
Afendiyanto, Arrya. 2023. Utilization of Plastic Waste in Learning Creative Products and Entrepreneurship in Creativity for Yannas Husada Health Vocational School Students. Thesis, Cultural Arts Education Study Program, Postgraduate Program at Surabaya State University. Advisors : (1) Dr. Setyo Yanuartuti, M.Sc. ,(2) Prof. Dr. Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Keywords: Utilization of Plastic Waste, Creative Product Learning and Entrepreneurship, Creativity, SMKS Kesehatan Yannas Husada
The Creative Products and Entrepreneurship (PKK) subject at SMKS Kesehatan Yannas Husada includes creative competence 3.4 Analyzing the design concept/prototype of goods/services products, 4.4 Making designs/prototypes of goods/services products. Next competencies 3.8 Applying the method of assembling goods/services products and 4.8 Assembling goods/services products, assembling goods/services products. Meanwhile in this school environment there is an abundance of plastic waste. The use of plastic waste in PKK learning at SMKS Kesehatan Yannas Husada is expected to produce works of art. The aims of this study are 1) to describe the process of being creative in PKK learning by utilizing plastic waste for SMKS Kesehatan Yannas Husada. 2) Analyzing the results of students' work in being creative in PKK learning by utilizing plastic waste at SMKS Kesehatan Yannas Husada.
Research using qualitative research methods. The object of this research is learning to be creative in utilizing plastic waste in the PKK subject at SMKS Kesehatan Yannas Husada in class XIA-Pharmacy. Data collection techniques using observation, documentation, interviews. Analysis techniques in the form of data reduction, data display and data verification. Techniques for checking the validity of the data are in the form of credibility, skill, dependability and certainty.
The results of this study indicate that the creative process of students in PKK learning is by being creative using plastic waste, using a project-based learning method. The stages in this work consist of, 1) designing a sketch of the work as part of making a project design, with the result that 2 students get not good grades, with the conclusion that they have not been able to express design concepts straightforwardly, and there are 4 students who are quite good at expressing their concept ideas with the conclusion is able to realize the design of the work but not yet detailed, the remaining 6 students are very good by being able to design works well. (2) The following are the results of students' work when they are creative using plastic waste as the manufacture of projects, namely there is 1 student who has a value of B, which is quite creative with the conclusion that the results are less than optimal in the ornaments and 11 students have creative values, with the conclusion being able to make products interesting creative. It can be concluded that the students' work was inspired by the visual forms that they often encounter, namely eating and the trending cartoon shapes.