Kemampuan membaca huruf hijaiyah peserta didik
disabilitas rungu kurang dengar masih rendah. Mereka masih
kesulitan dalam membaca huruf hijaiyah seperti membedakan
huruf sya dengan sin, dal dengan dzal, dsb, sehingga suara yang
dikeluarkan menjadi kurang jelas. Selain itu, keterbatasannya
dalam hal mendengar, mengakibatkan mereka mengandalkan
gaya belajar visual. Maka dari itu, mereka membutuhkan media
pembelajaran visual yang menarik, seperti aplikasi Belajar
Mengaji. Penelitian ini bertujuan untuk menemukenali pengaruh
penggunaan aplikasi belajar mengaji terhadap kemampuan
membaca huruf hijaiyah bagi peserta didik disabilitas rungu
kurang dengar di SLBN Cerme Gresik.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dengan desain
one group pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu statistik non-parametric uji Wilcoxon SPSS 26.0. Hasil
penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata sebelum perlakuan
sebesar 67,16 dan setelah diberi perlakuan menjadi 80,5.
Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan Zhitung = 2,2 (nilai (-)
tidak diperhitungkan karena absolute price) lebih besar dari nilai
Z tabel dengan nilai krisis 5% = 0,98. Dapat disimpulkan bahwa
adanya pengaruh pemanfaatan aplikasi belajar mengaji berbasis
android terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah bagi
peserta didik disabilitas rungu kurang dengar.
Kata kunci : Aplikasi Belajar Mengaji, Membaca Hu