ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melatihkan keterampilan penyelesaian masalah peserta didik kelas X SMA dengan penerapan model inkuiri terbimbing. Hasil penelitian berupa keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan penyelesaian masalah , dan respon peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMAN 12 Surabaya tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah tiga kelas, satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi tes, lembar tes keterampilan penyelesaian masalah, dan lembar instrumen angket respon. Peningkatan keterampilan penyelesaian masalah diukur menggunakan uji-t berpasangan, n-gain, dan analisis varians. Keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing terlaksana dengan sangat baik; 2) keterampilan penyelesaian masalah peserta didik meningkat pada ketiga kelas secara signifikan pada α= 5%, dengan rata-rata nilai n-gain berkategori sedang serta konsisten; (3) respons peserta didik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing berkategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat melatihkan keterampilan penyelesaian masalah peserta didik dengan kategori peningkatan sedang.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan penyelesaian masalah
ABSTRACT
This research aims to facilitate student’s problem solving ability at Xth Grade in state Senior High School with implementation of guided inquiry. The result of this research is learning activities, problem solving abilities, and response of student toward guided inquiry. The type of research is pre-experiment with one group pretest posttest design. The subject of this research were students of SMAN 12 Surabaya class X IPA acedemic year 2018/2019 which amounted to 3 classes, one class as experimental and two classes as replication. Research instruments consist sheet of observation, problem solving test, and students’ responses quetionnaire. Problem solving abilities were analyzed by paired t-test, gain score normalized, and analyzed of variance. Meanwhile the implementation of learning and student response were analyzed using descriptive qualitative research. The result show that 1) the application of guided inquiry model was done very well; 2) guided inquiry that applied had improve the student’s problem solving ability which α= 5% with n-gain degress in medium category and still consistent; 3) students response toward guided inquiry model in good category. So the conclusion is guided inquiry can improve student’s problem solving ability in medium category.
Keywords: Guided inquiry, problem solving abilities