Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan perilaku asertif dengan prokrastinasi akademik peserta didik kelas IX SMP Negeri 34 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi multiple product moment. Hasil dari analisis data dari korelasi product moment antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,698 dan taraf sigifikansi sebesar 0,000, perilaku asertif dengan prokrastinasi akademik sebesar -0,442 dan dan taraf sigifikansi sebesar 0,000 serta kontrol diri dengan perilaku asertif sebesar 0,719 dan taraf sigifikansi sebesar 0,000. Hasil analisis data dari korelasi multiple product moment secara bersama-sama antara ketiga variabel menunjukkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,703 dan taraf sigifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa kontrol diri dan perilaku asertif secara bersama sama berhubungan dengan variabel prokrastinasi akademik dengan hubungan yang kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,495 memiliki arti bahwa variabel kontrol diri dan variabel perilaku asertif secara bersamasama memberikan pengaruh sebesar 49,5% terhadap prokrastinasi akademik, sedangkan untuk sisanya yaitu 50,5% dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Asertif, Prokrastinasi Akademik.
This study aims to determine the relationship between self-control and assertive behavior with academic procrastination on grade students of SMPN 34 Surabaya. This research uses quantitative research methods. Analysis of the data used is the product moment correlation and multiple product moment correlation. The results of data analysis of product moment correlation between self-control and academic procrastination showed a correlation coefficient of -0,698 and a significance level of 0,000, assertive behavior with an academic procrastination of -0,442 and a significance level of 0,000 and self-control with assertive behavior of 0,719 and a significance level of 0,000. The results of data analysis of multiple product moment correlations together between the three variables show the results of the correlation coefficient of 0,703 and a significance level of 0,000 which shows that self-control and assertive behavior together are related to academic procrastination variables with strong relationships. The coefficient of determination of 0,495 means that self-control variables and assertive behavioral variables together provide an effect of 49.5% on academic procrastination, while the remaining 50.5% can be influenced by other factors not measured in this study.
Keywords: Self Control, Assertive Behavior, Academic Procrastination