Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran digital book interaktif pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMKN 5 Surabaya. Kelayakan pada penelitian ini ditinjau dari tingkat kevalidan media pembelajaran, keefektifan media pembelajaran ditinjau dari respon guru dan respon siswa, dan kepraktisan ditinjau dari hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa SMKN 5 Surabaya kelas XI TITL 3 yang berjumlah 32 siswa. Pada penelitian ini menggunakan 7 dari tahap yang diuraikan oleh Sugiyono (2019: 37), yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan awal produk; (4) pengujian awal; (5) revisi uji lapangan terbatas; (6) uji coba produk, dan (7) analisis dan laporan. Desain uji coba yang digunakan adalah pre-experimental design (nondesign) bentuk one-shot case study.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas media pembelajaran digital book interaktif pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik dalam kategori sangat valid dengan rerata hasil rating sebesar 94,64%, (2) kepraktisan media pembelajaran digital book interaktif ditinjau dari respon guru dalam kategori sangat praktis dengan rerata hasil rating sebesar 90,10% dan respon siswa dalam kategori sangat praktis dengan memperoleh rerata hasil rating sebesar 90,63% dan (3) keefektifan media pembelajaran digital book interaktif diperoleh dari hasil belajar siswa yang meliputi hasil belajar ranah afektif sebesar 85,94 sehingga nilai mencapai KKM = 75, hasil belajar ranah kognitif dianalisis menggunakan uji statistik one sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ranah kognitif mencapai KKM = 75 dan hasil belajar ranah psikomotor dianalisis menggunakan uji statistik one sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ranah psikomotor mencapai KKM = 75 sehingga sangat efektif digunakan.
Karena media pembelajaran digital book interaktif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif maka dapat disimpulkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran, digital book, valid, respon, hasil belajar.
This study aims to produce interactive digital book learning media on the subject of electric lighting installation at SMK 5 Surabaya. Feasibility in this study is reviewed from the level of validity of learning media, the effectiveness of learning media in terms of teacher responses and student responses, and practicality in terms of student learning outcomes.
The research method used is Research and Development (R&D). The subjects of this study were students of SMKN 5 Surabaya class XI TITL 3 which amounted to 32 students. In this study using 7 of the stages described by Sugiyono (2019: 37), namely (1) research and information gathering; (2) planning; (3) initial product development; (4) initial testing; (5) limited field test revisions; (6) product testing, and (7) analysis and reports. The trial design used was pre-experimental design (non-design) in the form of a one-shot case study.
The results showed that: (1) the validity of interactive digital book learning media on electrical lighting installation subjects in a very valid category with an average rating of 94,64%, (2) the practicality of interactive digital book learning media in terms of teacher responses in the very category practical with an average rating of 90,10% and student responses in very practical categories by obtaining an average rating of 90,63% and (3) the effectiveness of interactive digital book learning media obtained from student learning outcomes which includes affective learning outcomes of 85,94 so that the value reaches KKM = 75, cognitive domain learning outcomes were analyzed using one sample t-test statistical test with a significance value of 0,00. It can be concluded that cognitive learning outcomes reach KKM = 75 and psychomotor domain learning outcomes are analyzed using one statistical test sample t-test with a significance value of 0,00 can be concluded, the psychomotor learning outcomes reach KKM = 75 so it is very effective to use.
Because the interactive digital book learning media developed is very valid, very practical and very effective, it can be concluded that it is very feasible to use in learning.
Keywords: learning media, digital book, valid, response, learning outcomes.