ABSTRAK
Annashih, A. Indra Nihlah. 2019. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berorientasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (I) Prof. Dr. dr. Tjandra Kirana, M.S., Sp.And. dan (II) Dr. Raharjo, M.Si.
Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar IPA dan perangkat terkait seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Lembar Tes yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan et al., yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran) dan diujicobakan di kelas V SDN Dukuhtunggal, SDN Duduklor, SDN Margoanyar Lamongan tahun ajaran 2018/2019 dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) valid, sesuai dengan penilaian ketiga validator dengan katagori valid , 2) praktis, sesuai dengan penilaian dari kedua pengamat terlihat dari aktivitas siswa meningkat pada setiap pertemuan dan keterlaksanaan RPP , 3) efektif, terlihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest tesberpikir kritis siswa serta respon positif siswa.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar IPA berorientasi pendekatan saintifik valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
ABSTRACT
Annashih, A. Indra Nihlah. 2019. Development of Scientific Support Oriented Science Teaching Materials to Improve Critical Thinking of Primary School Students. Thesis. Basic Education Study Program, Postgraduate of Surabaya State University. Advisor: (I) Prof. Dr. dr. Tjandra Kirana, M.S., Sp.And. and (II) Dr. Raharjo, M.Si.
Keywords: Development of Teaching Materials, Scientific Applications, Critical Thinking.
This study aims to produce science teaching materials and devices related to Learning Implementation Plans (LKS), Student Activity Sheets (LKS), and Test Sheets that are valid, practical, and effective to improve the thinking of elementary school students. This research was carried out using the 4-D model of Thiagarajan et al., Which is defining, defining, designing (developing), developing (developing), developing (spreading) and piloted in class V of Dukuhtunggal Elementary School, Sittinglor Elementary School, Margoanyar Lamongan Elementary School 2018 school year / 2019 with One-Group Pretest-Posttest Design. Data analysis techniques use quantitative and qualitative descriptive analysis techniques. The results showed: 1) valid, according to the validity of the three validators with valid categories, 2) practical, in accordance with the level of observers seen from the activity of students increasing at each meeting and implementation of RPP, 3) effective, seen from appearing significantly different from the pretest and posttest test students' critical thinking and positive student responses.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that the development of scientific-oriented science teaching materials is valid, practical, and effective for improving critical thinking of elementary school students.