Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
PENGARUH PEMBIASAAN ORANGTUA DALAM MENANAMKAN BAHASA JAWA KRAMA TERHADAP NILAI MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA MIRIGAMBAR TULUNGAGUNG
Kode Dokumen
:
0020/FIP-PAUD/2022
Penulis Utama
:
EVA DIANA PUTRI
NIM Penulis Utama
:
17010684009
Tahun
:
2022
Judul ID
:
PENGARUH PEMBIASAAN ORANGTUA DALAM MENANAMKAN BAHASA JAWA KRAMA TERHADAP NILAI MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA MIRIGAMBAR TULUNGAGUNG
Judul EN
:
THE INFLUENCE OF PARENTAL HABITUATION IN INSTILING JAVANESE MANNERS ON THE MORAL VALUES OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS IN MIRIGAMBAR VILLAGE TULUNGAGUNG
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Pendidikan - Jurusan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - 17010684009 - 2022
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Abstrak
Negara Indonesia merupakan daerah yang memiliki banyak suku dan bangsa dan tentunya memiliki banyak bahasa, salah satunya yaitu bahasa Jawa. Di dalam bahasa Jawa ada tingkatan yang menjadi dasar dari bahasa dan penuturan yaitu bahasa Jawa
Ngoko
dan bahasa Jawa
Krama.
Pembiasaan berbahasa tentunya tidak lepas dari bimbingan orangtua dan kebiasaan berbahasa dalam keluarga. Maka dari itu disinilah nilai moral dan sikap anak dibentuk, salah satunya yaitu sopan santun. A
nak-anak maupun remaja
sekarang
kurang menerapk
a
n
bahasa Jawa
Krama
dan
nilai moral khususnya sopan santun terhadap orang yang lebih tua, atau yang seharusnya
mereka
hormati.
Semakin berkembangnya sistem pembelajaran membuat pembelajaran mengenai budaya
J
awa semakin tergeser keberadaannya
. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji, mengetahui dan mendeskripsikan
tentang pembiasaan orangtua menanamkan bahasa Jawa krama terhadap karakter dan nilai moral anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini sumber data diperoleh dengan menggunakan metode survei. Tehnik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuisioner (angket) dengan jumlah 48 responden yang dibagikan kepada orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di desa Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Dari penelitian yang telah dilaksanakan memperoleh hasil (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel (X) pembiasaan orangtua dengan variabel (Y) nilai moral anak usia 5-6 tahun di desa Mirigambar, hal ini ditunjukkan oleh hasil uji regresi linier sederhana yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Pembiasaan orangtua menanamkan bahasa Jawa
Krama
dapat dilakuan dengan berbagai strategi antara lain pembiasaan anak mengucapkan kata-kata dasar seperti “nggih, dalem, sampun”. Orangtua diharapkan menanamkan bahasa Jawa
Krama
kepada anak sejak usia dini agar menjadi karakter berbicara anak selanjutnya.
Kata Kunci:
pembiasaan orangtua, bahasa Jawa krama
,
nilai moral
Abstrak EN
:
Abstract
Indonesia is an area that has many tribes and nations and of course has many languages, one of which is Javanese. In the Javanese language, there are levels that form the basis of language and speech, namely Ngoko Javanese and Krama Javanese. Language habituation certainly cannot be separated from parental guidance and language habits in the family. Therefore, this is where the moral values and attitudes of children are formed, one of which is manners. Today's children and youth do not apply the Javanese language of Krama and moral values, especially politeness to those who are older, or who they should respect. The development of the learning system makes learning about Javanese culture increasingly displaced. The purpose of this study was to examine, identify and describe the habits of parents instilling Javanese manners on the character and moral values of children aged 5-6 years. This study uses quantitative research, in this study the data sources were obtained using survey methods. The technique of collecting data from this research is using a questionnaire (questionnaire) with a total of 48 respondents which are distributed to parents who have children aged 5-6 years in Miri Gambar Sumbergempol village, Tulungagung. From the research that has been carried out, the results obtained (1) There is a significant effect between the variable (X) parental habituation and the variable (Y) the moral value of children aged 5-6 years in Miri Gambar village, this is indicated by the results of a simple linear regression test, namely 0.000 < 0.05 which means Ho is rejected and Ha is accepted. (2) Parents' habit of instilling Javanese Krama can be done with various strategies, including habituation of children to say basic words such as "nggih, dalem, sampun". Parents are expected to instill Javanese Krama in their children from an early age so that they become the next child's speaking character.
Keywords:
parental habituation, Javanese Krama language, moral values
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran