Persepsi Siswa tentang Media Pembelajaran Augmented Reality pada Materi Sistem Tata Surya
Student Perceptions of Augmented Reality Learning Media in Solar System Material
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang media pembelajaran augmented reality pada materi sistem tata surya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas 8C SMPN 3 Sidoarjo. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket persepsi siswa dan wawancara. Angket yang digunakan telah divalidasi sebelumnya dan terdiri dari 5 pertanyaan tentang konsep planet dan 5 pertanyaan tentang konsep bulan dalam kaitannya dengan media pembelajaran augmented reality. Hasil penelitian menunjukkan indikator 1,4, dan 6 memperoleh hasil tertinggi sebesar 97% yang berarti siswa dapat dengan sangat mudah memahami indikator tersebut dengan menggunakan augmented reality. Indikator 2 memperoleh hasil terendah sebesar 72% yang berarti siswa mengalami sedikit kesulitan dalam memahami indikator tersebut dengan menggunakan augmented reality namun masih dalam kategori baik. Sehingga secara keseluruhan, dari 10 pertanyaan tersebut, sebanyak 87% siswa menilai media pembelajaran augmented reality sangat membantu dalam memahami materi sistem tata surya. Hasil ini juga didukung oleh data hasil wawancara terhadap 6 siswa yang menyatakan bahwa augmented reality merupakan media pembelajaran yang paling efektif dalam mempelajari materi sistem tata surya dikarenakan augmented reality dinilai siswa lebih jelas, lebih menarik, enak dipakai, serta lebih mudah dipahami oleh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran augmented reality terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran materi sistem tata surya dan kedepannya dapat diterapkan pada materi IPA lainnya yang bersifat abstrak dan susah dijumpai siswa dalam kehidupan sehari - hari.
The purpose of this study was to described students' perceptions of augmented reality learning media in solar system materials. The type of research used was descriptive research. The participants involved in this study were 32 students from class 8C of State Junior High School 3 Sidoarjo. The instruments used consist of student perception questionnaire and interview. The questionnaire used has been validated previously and consists of 5 questions about the concept of planets and 5 questions about the concept of the moon in relation to augmented reality learning media. The results showed indicators 1,4, and 6 obtained the highest yield of 97% which means that students can very easily understand the indicators by using augmented reality. Indicator 2 obtained the lowest result of 72% which means that students have little difficulty in understanding the indicator using augmented reality but are still in the good category. So overall, of the 10 questions, as many as 87% of students rated that augmented reality learning media is very helpful in understanding the material of the solar system. This result is also supported by data from interviews with 6 students who stated that augmented reality is the most effective learning media in studying solar system material because augmented reality is considered by students to be clearer, more interesting, more comfortable to use, and easier for students to understand. This study concluded that the use of augmented reality learning media has proven to be effectively used in learning solar system materials and in the future can be applied to other science materials that are abstract and difficult for students to find in everyday life.