Analysis of the Effect of Price and Quality of Electronic Services on Consumer Satisfaction on Shopee Application Users
Internet dapat digunakan sebagai sarana perdagangan online yang karenanya sering disebut sebagai e-commerce (perdagangan elektronik). Pertumbuhan e-commerce yang semakin positif di Indonesia telah mengakibatkan pergeseran pola belanja masyarakat ke arah belanja online atau online, sehingga membuat pemasar mempelajari berbagai strategi sehingga konsumen terus merasakan kepuasan ketika berbelanja menggunakan aplikasi, terutama aplikasi Shopee online shop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan konsumen yang diukur dengan harga dan kualitas layanan elektronik. Populasi dalam penelitian ini adalah responden dengan usia minimum 15 tahun yang tidak terbatas dan harus melakukan pembayaran minimal 1 kali dalam 6 bulan terakhir aplikasi Shopee. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode sampling yaitu judgmental sampling dan diperoleh sebanyak 220 responden. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan distribusi kuesioner online dengan skala likert dan analisis teknis dari data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga dan kualitas layanan elektronik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan pada pengguna aplikasi Shopee.
The internet could be used as a means of online trading which is why often referred to as e-commerce (electronic commerce). The increasingly positive e-commerce growth in Indonesia has resulted in a shift in people's shopping patterns towards online or online shopping, thus making marketers learn various strategies so that consumers continue to feel satisfaction when shopping using applications, especially Shopee online shop applications. The purpose of this research is to analyze consumer satisfaction as measured by the price and e-service quality. The population in this study are respondents with a minimum age of 15 years who is infinite and has to carry out payment of at least 1 time in the last 6 months Shopee application. The sampling techniques used are non-probability sampling by sampling method i.e. judgmental sampling and obtained as much as 220 respondents. The technique of data collection for this research uses online questionnaire distribution with a Likert scale and the technical analysis of the data used is multiple linear regression. The results of this study show that the price and quality of e-service have a positive and significant influence on customer satisfaction variables in Shopee application users