Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru SMA
Tujuan dari studi literatur ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk meningkatkan kepuasan kerja guru. Metode penelitian ini dengan studi literatur yang menggunakan pendekatan penelitian konseptual dengan ide dan teori. Proses-proses dalam penulisan ini yaitu dengan; menyeleksi topik, mencari literatur, mengembangkan ide, dan survei literatur. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis isi. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional yang memperhatikan rasa saling percaya, setia, serta menghargai bawahan dengan pemimpinan, dan bawahan termotivasi dalam melaksanakan dari yang pimpinan harapkan.
The purpose of this literature study is to determine, explain and analyze the principal's transformational leadership style to increase teacher job satisfaction. This research method with literature studies using a conceptual research approach with ideas and theories. The processes in this writing are by; selecting topics, searching literature, developing ideas, and surveying literature. The data analysis used was content analysis. The results of the literature study show that a transformational leadership style that pays attention to mutual trust, is loyal, and respects subordinates to the leader, and that subordinates are motivated to carry out what the leader expects.