Penelitian ini fokus kepada investigasi apakah
penggunaan pembeljaran berbasis proyek dapat mengembangkan kemampuan Four Cs
siswa atau tidak. Pembelajaran
berbasis proyek pada penelitian ini adalah proyek yang berhubungan dengan
kerajinan tangan dinamakan majalah dinding. Terdapat empat rumusan masalah
dalam penelitian ini, yaitu: sejauh mana pembelajaran berbasis proyek
mempromosikan kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan ide dalam proses
pembelajaran menulis? Sejauh mana pembelajaran berbasis proyek mempromosikan
kemampuan siswa dalam berkolaborasi dengan yang lain dalam proses pembelajaran
menulis? Sejauh mana pembelajaran berbasis proyek mempromosikan kemampuan siswa
agar menjadi kreatif dalam proses pembelajaran menulis? Sejauh mana
pembelajaran berbasis proyek mempromosikan kemampuan siswa untuk berpikir
kritis dalam proses pembelajaran menulis?
Penelitian ini dilakukan di salah satu Mts Negeri di salah
satu kota yang cukup besar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini adalah lima orang siswa dalam satu kelas.
Peneliti melakukan tiga observasi dalam tiga pertemuan untuk mendapatkan data
guna menjawab rumusan masalah. Data dari penelitian ini adalah dalam bentuk
percakapan guru, siswa, gerakan, dan gerakan tubuh yang direkam oleh peneliti
dalam perekam video. Peneliti juga menggunakan field note to mencatat hal
penting yang terjadi selama pengamatan.
Hasil menunjukkan tingkat promosi pembelajaran
berbasis proyek untuk kemampuan murid dalam hal mengkomunikasikan ide dan
berpikir kritis dalam
proses menulis Bahasa
Inggris adalah siswa tidak bisa mencapai hanya satu indikator untuk kedua
kemampuan tersebut. Mereka tidak bisa mencapai indikator kedua dari kemampuan
komunikasi dan indikator kelima dari kemampuan berpikir kritis. Sementara itu,
tingkat promosi pembelajaran berbasis proyek pada kemampuan siswa untuk
berkolaborasi dengan yang lain dan menjadi kreatif adalah mereka mampu mencapai
semua indikator dari dua kemampuan tersebut.
Singkatnya, pembelajaran berbasis proyek dapat
mempromosikan empat kemampuan C karena mereka dapat mencapai hamper semua
indiakator pada emapat kemampuan C. Setelah menganalisa hasil, dapat dilihat
bahwa empat kemampuan C saling berhubungan satu sama lain dan siswa yang
berprestasi tinggi cenderung lebih aktif untuk berpartisipasi dalam proses
pembuatan proyek. Maka dari itu, pembelajaran berbasis proyek direkomendasikan
untuk guru untuk dipraktikkan kepada siswa-siswa and penelitian ini bisa
menjadi referensi untuk peneliti yang akan datang yang ingin melakukan
penelitian tentang pembelajaran berbasis proyek dan empat kemampuan C siswa
dengan sampel, kesempatan, dan area pengajaran yang berbeda.
Keywords: pembelajaran
berbasis proyek, majalah dinding, empat kemampuan C, sekolah menengah pertama