Marketing Development Strategy To Advance Traditional Cake Entrepreneurship
Kewirausahaan merupakan permasalahan yang penting di dunia perekonomian dalam suatu negara berkembang. Peranan kelompok wirausahawan menentukan alur dari kemajuan dan kemundurannya ekonomi. Penggunaan strategi dalam berwirausaha merupakan hal yang sangat penting, terlebih lagi pada strategi pemasaran yang diterapkan para pengusaha agar bisa memperluas jangkauan suatu pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan strategi pengembangan pemasaran kewirausahaan kue tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Boteng Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan wawancara mendalam (indepth interview) pada pemilik kewirausahaan kue tradisional dan 2 tenaga kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan pemasaran yang diterapkan adalah adanya sebuah promosi melalui media social serta memfokuskan pada produksi kue tradisional dengan cara memperhatikan konsistensi kualitas cita rasa dan harga yang sangat terjangkau serta distribusi. Adapun kendala yang dihadapi dalam melakukan pemasaran adalah adanya persaingan pengusaha yang sama menjual kue tradisional dan naik turunnya harga bahan baku.
Kata Kunci : strategi, pemasaran, kewirausahaan
Entrepreneurship is an important problem in the world economy in a developing country. The role of the group of entrepreneurs determines the path of economic progress and decline. The use of strategies in entrepreneurship is very important, especially in the marketing strategies applied by entrepreneurs in order to expand the reach of a marketing. This study aims to examine and describe the marketing development strategy of traditional cake entrepreneurship. This study uses a qualitative approach. This research was conducted in Boteng Village, Menganti District, Gresik Regency. The data collection used is the method of observation and in-depth interviews with traditional cake entrepreneurship owners and 2 workers. The results show that the marketing development strategy applied is the existence of a promotion through social media and focusing on the production of traditional cakes by paying attention to the consistency of taste quality and very affordable prices and distribution. The obstacles faced in doing marketing are the competition between the same entrepreneurs selling traditional cakes and the fluctuations in the price of raw materials.
Keywords: strategy, marketing, entrepreneurship