Persebaya Surabaya berhasil menjadi juara Liga 2 pada tahun 2017, dengan melihat hasil prestasi yang diraih, membuat penulis mengangkat cerita Persebaya Surabaya di Liga 2 Musim 2017 untuk disajikan lewat media motion comic dan diharapkan menjadi media yang menarik, mudah dipahami dan praktis. Tujuan perancangan ini untuk mendeskripsikan cerita perjalanan Persebaya Surabaya di Liga 2 musim 2017. Mendeskripsikan konsep perancangan, dan visualisasi motion comic Persebaya Surabaya di Liga 2 Musim 2017. Perancangan media motion comic ini menggunakan metode pengumpulan data yang didapat dari observasi,, wawancara, dan dokumentasi. Konsep desain yang meliputi komposisi visual karakter, latar, layout, tipografi, pewarnaan, dan menggunakan gaya gambar yang mengarah ke realis untuk mengenali wajah karakter. Proses visualisasi menggunakan proses digital yang menggunakan software Adobe PhotoShop CC 2017 pada proses pembuatan visual dan software Adobe Premiere CC 2017 untuk menggerakan atau menganimasikan gambar. Hasil perancangan draft satu terlebih dahulu melalui tahap validasi untuk menilai kelayakan media motion comic terkait desain sebelum dipublikasikan. Dengan hasil perancangan berbentuk video dengan format mp4. dengan durasi 17 menit. Diharapkan perancangan ini bermanfaat untuk siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) Garuda Timur Football Academy dan suporter Persebaya Surabaya agar dapat mengetahui segi historis Persebaya Surabaya yang telah menjuarai Liga 2 Musim 2017.
Kata kunci: Motion Comic, Persebaya Surabaya, Liga 2
Persebaya Surabaya has to become League 2 champion in 2017, by seeing the achievements, makes the writer lift the story of Persebaya Surabaya in the League 2 Season 2017 to be presented through media motion comics and hope to be an interesting, easy to understand and practical media. The purpose of this designing is to describe the story of Persebaya Surabaya's journey in the League 2 season 2017. Describe the design concept, and visualization of Persebaya Surabaya's motion comic in League 2 2017. The design of motion comic media uses data collection methods obtained from observation, interviews, and documentation. The design concept includes the visual composition of characters, background, layout, typography, coloring, and using image styles that lead to realists to recognize the faces of characters. The visualization process uses digital processes that use Adobe PhotoShop CC 2017 software in the process making of visualization and Adobe Premiere CC 2017 software to move or animate images. The result of draft one firstly through the validation step to assess the feasibility of motion comic media related to the design before being published. With the results of the design in the form of videos in the format of mp4. with a duration of 17 minutes. It is hoped that this design will be useful for students of the Garuda Timur Football Academy (SSB) and Persebaya Surabaya supporters in order to find out the historical aspects of Persebaya Surabaya which has won the League 2 Season 2017.
Keywords : Motion Comic, Persebaya Surabaya, League 2