ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis multiple intelligences pada materi sistem gerak manusia yang memenuhi kelayakan (valid), kepraktisan, dan keefektifan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model 4D (tanpa melalui tahap disseminate). LKS yang dikembangkan terdiri atas empat pokok bahasan: tulang (LKS A), sendi (LKS B), otot (LKS C), dan gangguan pada sistem gerak manusia (LKS D). Hasil validasi keempat LKS memperoleh kategori “sangat layak”. Analisis kepraktisan dilihat melalui keterlaksanaan pembelajaran dengan perolehan kategori “sangat baik” dan aktivitas siswa saat mengerjakan LKS. Hasil observasi terkait aktivitas siswa menunjukkan rata-rata siswa memperoleh skor multiple intelligences ≥61 dengan kategori “baik”. Adapun keefektifan dilihat dari hasil belajar yang mengalami peningkatan berdasarkan hasil n-gain. Terdapat dua kategori n-gain yang diperoleh dari analisis hasil belajar siswa yaitu kategori “sedang” sebanyak 21,9% dan kategori “tinggi” sebanyak 78,1% dari 32 siswa. Ketuntasan siswa dilihat dari multiple intelligences juga menunjukkan peningkatan, dari 21,9% menjadi 84,4% untuk kecerdasan verbal-linguistik, 9,4% menjadi 75,0% untuk kecerdasan visual-spasial, 25% menjadi 84,4% untuk kecerdasan intrapersonal, 0% menjadi 46,9% untuk kecerdasan jasmaniah-kinestetik, dan 0% menjadi 56,4% untuk kecerdasan musikal-berirama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKS berbasis multiple intelligences sudah memenuhi kelayakan (valid, praktis, dan efektif).
Kata Kunci : LKS, multiple intelligences, dan sistem gerak
manusia.
ABSTRACT
This research aimed to develop worksheet based on multiple intelligences on human motion system material that fulfill validity, practicality, and effectiveness to improve student achievement. This development research study refers to the 4D model (without disseminate stage). The developede of worksheet consist of three topics: bones (worksheet A), joints (worksheet B), muscles (worksheet C), and disease in the human motion system (worksheet D). The results of the validation of the four worksheets get the category "very feasible". Practical analysis was seen through the implementation of learning with the acquisition of “very good” categories and student activities when working on worksheet. The results of observations related to student activities showed that most of the students obtained multiple intelligences scores ≥61 in “good” categories.The effectiveness seen from learning outcomes has increased based on the results of n-gain. There are two categories of n-gain obtained from the analysis of student learning outcomes namely the “moderate” category at 21,9%, and the “high” category at 78,1% from 32 students. Students completeness seen from multiple intelligences also showed improvement, from 21,9% to 84,4% for linguistic verbal intelligence, 9,4% to 75,0% for visual spasial intelligence, 25% to 84,4% for intrapersonal intelligence, 0% to 46,9% for kinestetic intelligence, and 0% to 56,4% for musical intelligence. The conclution of this research is that worksheet based on multiple intelligences has met “validity, practicality, and effectivenes”.
Keywords: worksheets, multiple intelligences, and human motion
system.