Pembelajaran Seni Rupa Dua Dimensi pada Media Logam Aluminium di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya
Learning Two-Dimensional Fine Arts on Aluminum Metal Media at SMA Muhammadiyah 4 Surabaya
Pembelajaran seni rupa di sekolah dapat dilaksanakan dengan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan apresiatif. Pembelajaran inovatif perlu dilakukan untuk mengasah kemampuan guru dan siswa. Salah satu penerapan pembelajaran inovatif dilakukan pada materi seni rupa dua dimensi, dengan penggunaan media baru yaitu plat aluminium. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses serta hasil pembelajaran seni rupa dua dimensi pada media aluminium di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Proses pembelajaran dimulai dengan memberikan materi tentang konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik berkarya seni rupa dua dimensi. Hasil Analisis dilakukan terhadap 10 buah karya siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya berdasarkan konsep, tema, dan unsur visual. Siswa yang menggambar objek tumbuhan sebanyak 7 orang, objek geometri sebanyak 1 siswa, serta objek kombinasi tumbuhan dan hewan sebagai sebanyak 2 siswa. Pada proses berkarya, 8 dari 10 siswa menyelesaikan karyanya tanpa melukai aluminium. Diperoleh simpulan bahwa dengan diberikan satu tema, siswa lebih banyak mengeksplor pengetahuan baru mengenai teknik berkarya serta motif-motif pada ragam hias daerah di Indonesia khususnya daerah Jawa Timur.
Learning art in schools can be carried out with creative, innovative and appreciative learning. Innovative learning needs to be done to hone the abilities of teachers and students. One application of innovative learning is carried out on two-dimensional art materials, with the use of new media, namely aluminum plates. This study uses a qualitative method, with the aim of research to identify and describe the process and learning outcomes of two-dimensional art on aluminum media at SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. The learning process begins by providing material on concepts, elements, principles, materials and techniques for creating two-dimensional art. Results The analysis was carried out on 10 student works at SMA Muhammadiyah 4 Surabaya based on concepts, themes, and visual elements. There are 7 students who draw plant objects, 1 student who draws geometric objects, and 2 students who draw a combination of plants and animals. In the process of creating, 8 out of 10 students complete their work without injuring the aluminum. It was concluded that by being given one theme, students explored more new knowledge about work techniques and motifs on regional decorations in Indonesia, especially East Java.