PENGEMBANGAN E-LKPD INKUIRI TERBIMBING BERBASIS
LIVEWORKSHEETS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES
SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
DEVELOPMENT OF E-LKPD GUIDED INQUIRY BASED ON
LIVEWORKSHEETS TO TRAIN STUDENTS SCIENCE
PROCESS SKILLS ON CHEMICAL EQUILIBRIUM MATERIAL
ABSTRAK
PENGEMBANGAN E-LKPD INKUIRI TERBIMBING
BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK MELATIHKAN
KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA
MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Nama :Faiz Rizky Nur Awwaludin
NIM :19030194071
Program Studi :S1 Pendidikan Kimia
Faktultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dian Novita, S.T., M.Pd.
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menitik
beratkan pada pengembangan soft skills seperti keterampilan
proses sains, kemampuan komunikasi, pemecahan masalah,
termasuk penanaman nilai etos kerja, serta kemampuan
berwirausaha. Keterampilan proses sains khususnya
pembelajaran kimia pada jenjang SMA masih kurang diminati
oleh peserta didik dan masih terkesan menjadi pembelajaran
yang sulit. Sehingga peningkatan pembelajaran kimia sangat
penting untuk dikembangkan sebagai sarana mengatasi
permasalah pada kesulitan memahami suatu materi khususnya
pada materi kesetimbangan kimia. Permasalahan ini dapat
diatasi dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat
seperti penggunaan E-LKPD inkuiri terbimbing. Pengamatan
utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas,
kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran E-LKPD Inkuri
terbimbing berbasis liveworksheet pada materi kesetimbangan
kimia di MAN 1 Mojokerto. Model pengembangan E-LKPD
inkuiri terbimbing materi kesentimbangan kimia yang digunakan
adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation) yang diujikan kepada
20 peserta didik. Hasil validitas yang ditinjau dari aspek
kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan desain memiliki modus
skor ≥ 3 sehingga dinyatakan valid. Sedangkan untuk
kepraktisan diperoleh dari angket respon dengan tingkat
kepraktisan sebesar 95,45%, nilai ini termasuk dalam kategori
sangat praktis. Keefektifan E-LKPD inkuiri terbimbing dapat
dilihat dari hasil uji paired sample T-test dari keterampilan dan
hasil belajar peserta didik yang memiliki nilai probabilitas <0,05
yang dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan dari
keterampilan dan hasil belajar peserta didik di MAN 1
Mojokerto.
Kata Kunci: E-LKPD, Inkuiri Terbimbing, liveworksheet,
Media Pembelajaran, Kesetimbangan Kimia.
ABSTRACT
Name : Faiz Rizky Nur Awwaludin
NIM : 19030194071
Study Program : Bachelor of Chemistry Education
Faculty : Mathematics and Natural Science
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dian Novita, S.T., M.Pd.
The kurikulum merdeka is a curriculum that emphasizes the
development of soft skills such as science process skills, communication
skills, problem solving, including the cultivation of work ethic values,
and entrepreneurial skills. Science process skills, especially chemistry
learning at the high school level, are still less attractive to students and
still seem to be difficult learning. So that improving chemistry learning
is very important to be developed as a means of overcoming problems in
the difficulty of understanding a material, especially in chemical
equilibrium material. This problem can be overcome by the use of
appropriate learning media such as the use of guided inquiry E-LKPD.
The main observation in this study was to determine the validity,
practicality, and effectiveness of E-LKPD guided inquiry learning media
based on liveworksheet on chemical equilibrium material at MAN 1
Mojokerto. The guided inquiry E-LKPD development model for
chemical equilibrium material used is the ADDIE development model
(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation)
which was tested on 20 students. The validity results in terms of the
feasibility of content, presentation, language, and design have a mode
score ≥ 3 so that it is declared valid. As for practicality obtained from a
response questionnaire with a practicality level of 95.45%, this value is
included in the very practical category. The effectiveness of the guided
inquiry E-LKPD can be seen from the results of the paired sample T-test
of the skills and learning outcomes of students who have a probability
value of <0.05 which can be known that there is an increase in the skills
and learning outcomes of students at MAN 1 Mojokerto.
Keywords: E-LKPD, Guided Inquiry, liveworksheet, Learning Media,
Chemical Equilibrium.