PROFIL PENALARAN ANALOGI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
THE PROFILE OF REASONING ANALOGY OF STUDENTS IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEMS IN TERMS OF LEARNING STYLES
Penalaran induktif yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penalaran analogi. Gaya belajar setiap siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penalaran matematika. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan kemampuan penalaran analogi siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah tiga siswa yang terdiri dari satu siswa bergaya belajar visual, satu siswa bergaya belajar auditorial, dan satu siswa bergaya belajar kinestetik dengan kemampuan matematika setara serta berjenis kelamin perempuan. Profil penalaran analogi dianalisis sesuai dengan indikator yang peneliti gunakan yaitu: (1) Encoding, (2) Inferring, (3) Mapping, (4) Applying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek tersebut dapat memenuhi indikator dari tahap Encoding dan Inferring. Ketiga subjek mampu mengidentifikasi informasi masalah sumber dan masalah target, serta mampu menyelesaikan masalah sumber berdasarkan konsep yang ditemukan. Subjek dengan gaya belajar visual dan auditorial mampu memenuhi indikator pada tahap Mapping dan Applying. Subjek yang memiliki gaya belajar visual dan subjek yang memiliki gaya belajar auditorial masing-masing memiliki kemampuan penalaran analogi tinggi. Sedangkan subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik tidak memenuhi indikator pada tahap Mapping dan Applying sehingga subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan penalaran analogi sedang. Subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik tidak dapat menyebutkan hubungan antara masalah sumber dan masalah target, tetapi subjek dapat menyelesaikan masalah target dengan benar.
Kata Kunci : Penalaran Analogi, Masalah Matematika, Visual, Auditorial, Kinestetik
Inductive reasoning was used in this study, namely analogical reasoning. Each student’s learning style has a significant effect on mathematical reasoning abilities. This research aims to describe students' analogical reasoning in problem solving in terms of visual learning styles, auditory learning styles, and kinesthetic learning styles. This research is descriptive research conducted with a qualitative approach using test and interview instruments. The subjects in this study were three students which consisted of one student with a visual learning style, one student with an auditory learning style, and one student with a kinesthetic learning style with equivalent and diverse mathematical abilities, female genital. The analogy reasoning profile was analyzed based on the indicators used by the researcher, namely: (1) Encoding, (2) Inferring, (3) Mapping, (4) Applying. The results showed that the three subjects that could meet the indicators of the encoding and inferring stages. The three subjects were able to identify information on source problems and target problems and were able to solve source problems based on the concepts found. Subjects with visual and auditory learning styles can meet the indicators at the stages of mapping and applying. Subjects whit visual learning styles and subjects with auditory learning styles each have high analogical reasoning abilities. Meanwhile, subjects whit kinesthetic learning styles do not meet the indicators at the stages of mapping and applying so that subjects with kinesthetic learning styles have moderate analogy reasoning abilities. Subject whit kinesthetic learning styles cant mention the relationship between the source problem and the target problem, but the subjects can solve the target problem correctly.
Keywords : Analogy Reasoning, Mathematical Problems, Visual, Auditorial, Kinesthetic