ABSTRAK
Kata Kunci : Menulis, Kesalahan, Analisis Kesalahan
Menulis adalah salah satu sarana dalam proses belajar mengajar untuk melatih dan memproduksi suatu bahasa. Sebagian besar siswa perlu menulis untuk menjelaskan opini, ide dan perasaan selain berbicara. Dalam menyusun tulisan yang bagus, para siswa perlu menguasai kemampuan menulis seperti: penggunaan tata bahasa dan mekanik yang dapat membantu siswa menyusun sebuah text. Tetapi, banyak siswa yang membuat kesalahan dalam penggunaan tata bahasa pada saat mereka membuat tulisan berbahasa inggris. Hal ini sangat penting untuk dipelajari untuk mengetahui dan mengungkap berbagai jenis kesalahan dalam tugas menulis siswa. Penelitian ini perlu dilakukan karena dapat digunakan sebagai bantuan bagi guru untuk lebih mengenal kesalahan siswa. Dalam penelitian ini, peniliti membatasi penelitiannya dengan menggunakan tulisan siswa dalam meninterpretasikan makna lagu.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan 36 tugas menulis siswa sebagai objek penelitian. Berasal dari para siswa kelas X IPA 2 di SMA NEGERi 11 SURABAYA. Penelitian ini menggunakan 2 instrumen untuk mengumpulkan dan menganalisis data dan tabel klasifikasi kesalahan siswa dari Corder (1974) yang terdiri dari identifikasi, deskripsi, penjelasan dan pembenaran/koreksi.
ABSTRACT
Key words : Writing, Error, Error Analysis
Writing is used as a tool to practice or produce a target language in the teaching and learning process. Most of the students need writing to explain opinions, ideas and feelings aside from speaking. In composing a good writing, students need to acquire writing competence such as: grammar, usage, and mechanics which can help students to compose a good text. Yet, students frequently make errors on the use of grammar when they produce an English writing. It is very important to study error to reveal different types of error in their writing task. This kind of the study needs to be conducted because it can be used as a help for the teacher to be familiar with the students’ errors. In this study, the researcher limits the study by using students’ writing in interpreting song meaning.
This study is a qualitative research which uses 36 students’ writing tasks as the object of the research. The students were from X Science 2 class Eleven Senior High School. There are 2 instruments used in this study, the researcher as the major instrument to collect and analyze the data and the error classification table from Corder (1974) which contains of identification, description, explanation and correction.
The researcher found that there were 17 errors of addition, 17 errors of misinformation, 13 errors of omission and 6 errors of ordering. The most common errors that the students made in their writing task is errors of addition, errors of misinformation and errors of omission.