PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI KREASI “SURAMADU” DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK SMP KELAS IX
Istighfaria, Keziavtian Wisnu. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Tari Kreasi Suramadu dalam meningkatkan keterampilan peserta didik SMP Kelas IX, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing (1) Dr. Trisakti, M.Si, pembimbing Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.
Kata Kunci :, Video Pembelajaran, Tari Kreasi, Keterampilan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kualitas, dan keefektifan video pembelajaran Tari Kreasi “Suramadu” dalam meningkatkan keterampilan untuk peserta didik kelas IX di SMP Negeri 29 Surabaya dengan merujuk pada Kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX dengan jumlah 50 peserta didik. Data kelayakan video pembelajaran kuesioner, untuk melihat video pembelajaran adalah dengan menggunakan perbandingan nilai akhir hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan video pembelajaran. Pengembangan media merupakan proses dimana peneliti dapat memberikan kebutuhan peserta didik. Temuan yang diperoleh peneliti antara lain: 1) kurangnya waktu saat pembelajaran melalui daring, 2) karakteristik peserta didik berbeda-beda pada saat praktik tari, 3) belum adanya video pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Proses pengembangan video pembelajaran untuk peserta dinilai layak dengan skor 86%; 2) Kualitas video pembelajaran dinilai layak dalam meningkatkan keterampilan peserta didik SMP Kelas IX sebagaimana tercermin pada aspek penyajian media, materi dan bahasa rata-rata 84% dan 3) video pembelajaran dinilai efektif dalam meningkatkan keterampilan peserta didik SMP Kelas IX yang tercermin pada peningkatan nilai akhir pada siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran dinilai layak dan dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas IX di SMP
Istighfaria, Keziavtian Wisnu. 2021. Development of Creative Dance Learning Video “Suramadu” in Improving Skills for Class IX Middle School Students. Education Studies Program, Postgraduate, Surabaya State University, Consultant (1) Dr. Trisakti, M.Si, Co-Consultant (2) Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.
Keywords : Learning Multimedia, Learning Video, Dance, Creative Dance
This study aims to describe the development process, quality, and effectiveness of the “Suramadu” Creative Dance learning video in improving skills for Grade IX students at SMP Negeri 29 Surabaya which refers to 2013 Curriculum.
This research is a development research using the ADDIE method (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The samples used in this study are students in grades IX with a total of 50 students. Questionnaire data is used to measure the feasibility of the learning video while the final score of learning outcomes resulting from comparing before and after using the learning video is used to measure the effectiveness of learning video.
The findings of this study are: 1) The process of developing learning videos for participants is considered feasible with a score of 86%; 2) The quality of the instructional videos is considered appropriate in improving skills for grade IX junior high school students as reflected in the aspects of media presentation (66%), material (89%), and language (96%); and 3) learning videos are considered effective in improving skills for grade IX junior high school students as reflected in the increase in final grades for students who are the sample. Thus, it can be concluded that the use of learning videos is considered feasible and could improve student learning outcomes in grades IX at SMP