PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HOTS BERBANTUAN QUIZIZZ MATA PELAJARAN HUMAS SISWA KEJURUAN OTKP
DEVELOPMENT HOTS ASSESSMENT INSTRUMENTS USED QUIZIZZ SUBJECT LESSON PR STUDENT DEPARTMENT OF OTKP
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills).Hasil pengembangan pada penelitian ini berupa instrumen tes yang dikemas dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Sugiyono sepuluh langkah namun dibatasi dengan tujuh langkah pengembangan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan OTKP SMK Ipiems Surabaya yang hanya terdiri satu kelas dengan jumlah 34 siswa. Sesuai hasil penilaian oleh tiga ahli diperoleh rata-rata validasi sebesar 94% (sangat kuat). Adapun hasil uji coba, menunjukkan sejumlah 30 butir soal yang dikembangkan 25 soal dikatakan valid karena r hitung > r tabel (0,3291) sedangkan 5 soal dikatakan tidak valid karena r hitung < r tabel. Reliabilitas soal sebesar 0,77 > 0,60 sehingga soal dapat dikatakan reliable. Tingkat kesukaran soal memiliki rata-rata “Sedang” ditunjukkan dengan 1 soal dengan kriteria “Sukar”, 4 soal dengan kriteria “Mudah” dan 25 soal dengan kriteria “Sedang”. Sedangkan, daya pembeda soal tidak semua soal memiliki daya pembeda yang baik, terdapat 2 soal dengan daya pembeda “Kurang” sehingga soal harus dibuang. Dan secara keseluruhan pengecoh soal lebih dari 5% namun terdapat 2 soal yakni soal nomor 18 dan 22 dengan pengecoh tidak berfungsi sehingga soal harus dibuang. Rata-rata respon siswa sebesar 89,5% artinya siswa memberikan respon sangat positif dalam penggunaan Quizizz saat penerapan instrumen penilaian HOTS.
The purpose of this research is to develop HOTS (Higher Order Thinking Skills) based assessment instruments. The result of this research is a test instrument that is packaged using the Quizizz application. The method used in this study is a research and development method with the Sugiyono ten-step development model but is limited to seven development steps. The subjects in this study were all class XII students majoring in OTKP SMK Ipiems Surabaya which only consisted of one class with a total of 34 students. According to the results of the evaluation by three experts, the validation average was 94% (very strong). The test results showed that a number of 30 items were developed, 25 questions were said to be valid because r count> r table (0.3291) while 5 questions were said to be invalid because r count 0.60 so that the questions can be said to be reliable. The level of difficulty of the questions had an average of "Medium" indicated by 1 question with the criteria "Hard", 4 questions with the "Easy" criteria and 25 questions with the "Medium" criteria. Meanwhile, not all questions have a good distinguishing power, there are 2 questions with "Less" distinguishing power so the questions must be discarded. And overall there were more than 5% distractor questions, but there were 2 questions, namely questions number 18 and 22 with the distractor not functioning so the questions had to be thrown away. The average student response was 89.5%, meaning that students gave a very positive response in using Quizizz when implementing HOTS assessment instruments.