Penggunaan buku guru dan buku siswa yang diberikan oleh pemerintah belum cukup menggunakan lingkungan sekitar siswa sebagai sumber belajar, sehingga siswa belum bisa belajar dengan menerapkan budaya lokal sebagai ciri dari kurikulum 2013 yang berlaku pada saat ini, adanya keterbatasan materi dalam buku pendukung yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran PPKn materi keberagaman karakteristik individu di lingkungan masyarakat. Berdasarkan kesulitan siswa maka diperlukan sebuah bahan ajar cetak berbentuk modul sebagai bahan belajar pendamping siswa belajar untuk membangun pemahaman siswa secara mandiri. Penelitian pengembangan ini mengembangkan modul pendamping pembelajaran PPKn dengan tujuan untuk 1) Menghasilkan produk berupa modul pendamping pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar menggunakan teori konstruktivistik, dan 2) menghasilkan produk modul pendamping pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar menggunakan teori konstruktivistik yang layak dilihat dari aspek kelayakan kontain, kelayakan efektivitas aspek kesesuaian dan uji coba terbatas, dan efisiensi modul dari aspek waktu, biaya, dan tenaga.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp (2013) yang terdiri dari tiga langkah utama yakni tahap 1) preliminary research (penelitian awal) dengan melakukan Tahap Needs and Context Analysis (analisis kebutuhan dan inti pembelajaran), Review of literature (Analisis literatur), Development of A Conceptual of Theoretical Framework for The Study (Pengembangan Konsep Dari Kerangka Konseptual Dalam Pembelajaran), kemudian tahap 2) Development or Prototyping Phase (Pengembangan Format Produk), dan tahap 3) Assessment Phase (Fase Penilaian). Penentuan tingkat kelayakan kontain modul pendamping pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar menggunakan teori konstruktivistik berdasarkan uji validasi ahli materi dan praktisi, efektivitas modul berdasarkan analisis kesesuaian dengan rencana pelaksaan pembelajaran dan hasil pemahaman siswa, dan kelayakan efisiensi modul dengan menggunakan respons guru dan respon siswa.
Dari penelitian tersebut didapatkan hasil penilaian dari validator ahli materi atau kontain dengan presentase 93% dengan kategori sangat valid, dan hasil penilaian keefektifan modul dengan kategori efektif, hasil uji efisiensi modul dari hasil respons guru dan siswa di peroleh hasil presentase 92,32% dengan kategori sangat efisien. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa modul pendamping pembelajaran PPKn kelas IV Sekolah dasar menggunakan teori konstruktivistik ini layak untuk digunakan
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pendamping, Plomp.
The use of teacher books and students book provided by the government is not enough to use the environment around students as a source of learning, so students cannot learn by applying local learn culture as a feature of the current curriculum of 2013, there is limited material in the supporting books used by teachers in the learning process citizenship education material diversity of individual characteristics in the community. Based on the difficulties of students, a module-shaped print teaching material is needed as a learning material for companion learning to build student’s understanding independently. This development research develops a civil education learning companion module with the aim to 1) producing products in the form of a fourth grade civil education companion module using constructivist theory, and 2) producing a fourth grade civil education module using constructivist theories that are feasible in term of feasibility of effectiveness of the conformity and testing aspects is limited, and the efficiency of the module in term of time, cost, and energy.
This type of research is a development research with a development model that refers to the Plomp (2013) with consist of the main steps, that are 1) preliminary research by conducting phase and context analysis, development of a conceptual of theoretical framework for the study, then development of prototyping phase and 3) assessment phase, determination module constructivist theory based on the validation test of material experts and practitioners, module effectiveness based understanding results, and module efficiency feasibility using teacher response and students response.
From the research, the results of the evaluation from the material expert validator of container with percentage of 93% with very valid categories, and the results of the module effectiveness assessment with effective categories, module efficiency test results from the teacher’s and student’s response obtained results of 92.32% with categories very efficient. Based on the results obtained, it can be conclude that this module for the Fourth grade in civil education using constructivist theory is feasible to use.
Keywords: Development, Companion Module, Plomp.