Di Indonesia pendidikan merupakan salah satu faktor yang telah diperhatikan dalam perkembangannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembaruan kurikulum pendidikan, peningkatan kualitas dan mutu pendidikan sesuai dengan perkembangan zaman, serta penyediaan sarana dan prasarana. Pendidikan digunakan sebagai alat ukur kemajuan suatu bangsa guna mewujudkan pembangunan yang dijadikan pondasi kompetensi suatu bangsa. Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya yaitu motivasi belajar dan fasilitas belajar. Berdasarkan hal tersebut penting dilakukan penelitian tentang peningkatan hasil belajar melalui motivasi dan fasilitas belajar yang didapatkan oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya yang terdiri dari tiga kelas yaitu XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 4 Surabaya berjumlah sebanyak 79 siswa yang terdiri dari siswa perempuan dan laki- laki. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Fasilitas belajar, motivasi belajar, hasil belajar
In Indonesia education is one of the factors that has been considered in its development. This is evidenced by the renewal of the education curriculum, improving the quality and quality of education in accordance with the times, and the provision of facilities and infrastructure. Education is used as a measure of the progress of a nation in order to realize development that is used as the foundation of a nation's competence. Student learning success is influenced by several factors including learning motivation and learning facilities. Based on this, it is important to conduct research on improving learning outcomes through motivation and learning facilities obtained by students. This research is a research using quantitative research. With the population in this study are students of class XI IPS in SMA Muhammadiyah 4 Surabaya consisting of three classes namely XI IPS 1, XI IPS 2, and XI IPS 3. Students of XI IPS class at SMA Muhammadiyah 4 Surabaya total 79 students consisting of students woman and man. Data collection techniques using interview techniques, questionnaires and documentation. The results showed that learning motivation and learning facilities had an effect on improving student learning outcomes.
Keywords: Learning facilities, learning motivation, learning outcomes