PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM DALAM MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK
DEVELOPMENT OF E-MODULE BASED ON STEM IN PROJECT BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT'S CREATIVE THINKING ABILITY
Pembelajaran yang kontekstual sangat penting dalam mengajarkan materi tekanan zat agar dapat dipahami oleh peserta didik. Pembuatan telur asin merupakan salah satu penerapan tekanan zat cair dalam kehidupan sehari-hari. Revolusi industri pada abad 21 ditandai dengan digitalisasi yang menuntut berbagai kemampuan berpikir tingkat tinggi, salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis STEM dalam model PjBL yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket respon peserta didik. Penelitian dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2023/2024 dengan objek penelitian sebanyak 190 peserta didik. Uji coba terbatas sebanyak 24 peserta didik, 166 peserta didik pada penelitian skala luas di dua sekolah yang berbeda. Setiap sekolah dipilih 3 kelas dengan perlakuan yang berbeda. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi validasi, observasi, angket, tes kemampuan berpikir kreatif, dan dokumentasi. Teknik analisis kelayakan berdasarkan pada validitas dan reliabilitas. Validitas menggunakan modus dan reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Analisis kepraktisan menggunakan keterlaksanaan pembelajaran, sedangkan analisis keefektifan menggunakan persentase kemampuan berpikir kreatif, N-Gain skor, uji anakova, uji quade’s rank analysis of covariance dan respon peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul berbasis STEM dalam model PjBL pada materi tekanan zat dinyatakan layak digunakan dengan nilai validitas berada pada kategori sangat valid. (2) praktis ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik. (3) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik ditinjau dari hasil persentase tes kemampuan berpikir kreatif berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi, perolehan skor N-Gain berada pada kategori tinggi, uji hipotesis yang memperoleh nilai sig. < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan nilai kemampuan berpikir kreatif ketika dibandingkan pada tiga kelas dengan perlakuan berbeda serta respon peserta didik dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-modul berbasis STEM valid, praktis, dan efektif. Implikasi lanjutan yang dapat dilakukan adalah menggunakan e-modul untuk pembelajaran daring maupun luring.
Contextual learning is very important in teaching substance-pressure material so that it can be understood by students. Making salted eggs is one application of liquid pressure in everyday life. The industrial revolution in the 21st century is marked by digitalization, which demands various high-level thinking abilities, one of which is the ability to think creatively. This research aims to produce STEM-based e-modules in the PjBL model that are feasible, practical, and effective for improving students' creative thinking abilities. This research method uses the ADDIE development model. Research instruments include validation sheets, learning implementation observation sheets, creative thinking ability tests, and student response questionnaires. The research was conducted in the odd semester of the 2023/2024 academic year with research objects of 190 students. The trial was limited to 24 students 166 students in wide-scale research in two different schools. Each school selected three classes with different treatments. The research design uses a pretest-posttest control group design. Data collection techniques used include validation, observation, questionnaires, creative thinking ability tests, and documentation. Feasibility analysis techniques are based on validity and reliability. Validity uses mode, and reliability uses Cronbach's Alpha. The practicality analysis uses learning implementation, while the effectiveness analysis uses the percentage of creative thinking abilities, N-Gain score, Ancova test, Quade's rank analysis of covariance test, and student responses.
The research results show that: (1) The E-module based on STEM in the PjBL model on substance pressure material is declared suitable for use, with the validity value being in the very valid category. (2) practical in terms of the implementation of learning in the very good category. (3) effective in improving students' creative thinking abilities in terms of the results of the percentage of creative thinking ability tests in the high and very high categories, the N-Gain score obtained in the high category, and the hypothesis test, which obtained a sig. score < 0.05, which means there is a difference in creative thinking ability scores when compared in three classes with different treatments, and student responses are in the very good category. This research concludes that STEM-based e-modules are valid, practical, and effective. A further implication that can be taken is to use e-modules for online and offline learning.