Mustain, 2025. Pengembangan Model Pembelajaran berbasis Seamless
Learning untuk Meningkatkan Pengetahuan Konsep dan Keterampilan Menulis Bahasa
Inggris Bagi Mahasiswa di Universitas KH. Bahaudin Mudhary Madura .
Disertasi, Program Studi S3 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Surabaya. Promotor: (1) Prof. Dr. Mustaji,
M.Pd., dan (II) Prof. Dr. H. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd
Penelitian
ini bertujuan mengembangkan dan menguji model pembelajaran berbasis Seamless
Learning dalam meningkatkan pengetahuan konsep dan keterampilan menulis
bahasa Inggris bagi mahasiswa di Universitas KH. Bahaudin Mudhary Madura.
Desain
Penelitian Pengembangan menggunakan Desain Borg, Gall, & Gall (2003) dengan
10 langkah yang disesuaikan
menjadi 3 tahap, yaitu tahap pra-pengembangan, pengembangan dan kelayakan,
serta implementasi dan pengujian model, dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Subjek Penelitian ini adalah mahasiswa yang menjadi sampel berasal dari
Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 58 orang yang terbagi menjadi 2 (dua) uji
coba yakni satu uji coba awal pada kelas terbatas pada mahasiswa Program Studi
Teknik Industri dan kedua adalah ujicoba utama pada kelas luas pada mahasiswa
Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika yang dipilih sebanyak 43
orang dan ditempatkan secara acak pada kelompok eksperimen dan kelompok
control. Ujicoba utama ini menggunakan desain True Experimental jenis pretest-posttest
control group design . Pengumpulan data diperoleh dari Instrumen kelayakan
Model dari Ahli Model, Perangkat Pembelajaran dari ahli materi, angket respon
dari mahasiswa, observasi keterlaksanaan Pembelajaran dari 2 (dua) pengamat,
dan tes diperoleh dari mahasiswa dengan uji independent sample t-test ,
kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan SPSS 22.
Hasil kelayakan menunjukkan bahwa
model ini sangat layak digunakan, dengan rata-rata skor 4,24. Kepraktisan model
juga terkonfirmasi melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran yang mencapai
nilai 4,31, serta respon mahasiswa yang menunjukkan tingkat kepuasan 86,7%. Uji
efektivitas model dilakukan dengan hasil terdapat perbedaan signifikan antara
kelompok eksperimen yang menggunakan model MUSTAIN (Mean = 82,82) dan kelompok
kontrol yang menggunakan pendekatan Writing Process (Mean = 70,76),
dengan nilai t hitung 12,221, lebih besar dari t tabel 1,682 (p<0,05). Ini
mengindikasikan bahwa model MUSTAIN berbasis Seamless Learning efektif
dalam meningkatkan pengetahuan konsep dan keterampilan menulis dan memberikan
kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran di bidang ini.
Kata Kunci: Model Pembelajaran
MUSTAIN, Seamless Learning, Pengetahuan Konsep, Keterampilan Menulis