Analisis Strategi Komunukasi Pemasaran Terpadu Guna Perluasan Daerah Pemasaran Pada Pengrajin Tusuk Sate.
Analysis of Integrated Marketing Communication Strategies for Expansion of Marketing Areas in Skewer Craftsmen.
ABSTRAK
Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Guna Perluasan Daerah Pemasaran Pada Pengrajin Tusuk Sate
(Studi kasus pada Konsumen UMKM Pengrajin Tusuk Sate “Tiga Panda” Desa Dengok)
Nama : Sapto Wibowo
NIM : 21080574273
Program Studi : S-1 Manajemen
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi komunikasi pemasaran terpadu guna perluasan daerah pemasaran pada pengrajin tusuk sate sebagai variabel mediasi Penelitian ini menggunakan metode pengambilan angket atau kuisioner, dengan menggunakan 74 responden konsumen dan 1 responden pemilik UMKM. Menggunakan model analisis deskriptif kuantitatif dengan software google form dan offline. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh SWOT dan strategi komunikasi pemasaran terpadu terhadap perluasan daerah pemasaran, dalam penelitian ini ditemukan adanya pengaruh kuat dari strategi komunikasi pemasaran terpadu guna perluasan daerah pemasaran dimana komunikasi pemasaran lebih dikenal dengan komunikasi pemasran terpadu, yang artinya suatu konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah dari suatu rencana komprehensif yang mengevaluasi peran strategi dari berbagai disiplin komunikasi misalnya iklan, promosi penjualan, penjualan langsung dan penjualan perseorangan guna memberikan kejelasan, konsistensi serta damppak komunikasi yang maksimal. Dalam perluasan daerah pemasaran melalui komunikasi pemasaran pada dasarnya merupakan penempatan misi perusahaan atau penetapan sasaran organisasi dengan penekanan pada kekuatan internal dan eksternal, perumusan kebijakan dan strategi tertentu untuk mencapai sasaran dan memastikan penerapannya secara tepat, sehingga tujuan dan sasaran utama perusahaan sebagai langkah perluasan daerah pemasaran dapat tercapai. Terdapat tiga aspek penting yang dapat dilakukan dalam melakukan perluasan daerah pemasaran yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk.
Kata kunci : komunikasi pemasaran terpadu, perluasan pemasaran, strategi.
ABSTRACT
Analysis of Integrated Marketing Communication Strategies for Expansion of Marketing Areas in Skewer Craftsmen
(Case study on MSME Consumers of "Three Panda" Skewer Craftsmen in Dengok Village)
Name : Sapto Wibowo
Study Program : S-1 Management
Faculty : Ekonomika dan Bisnis
Name of Institution : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.
This study aims to determine the analysis of integrated marketing communication strategies to expand the marketing area of skewer craftsmen as a mediating variable. This study used a taking a questionnaire or questionnire method, using 74 consumer respondents and 1 MSME owner respondent. Using a quantitative descriptive analysis model with Google Form and offline software. The results of this study indicate that there is an influence of the integrated marketing communication strategy on the expansion of the marketing area. which recognizes the added value of a comprehensive plan that evaluates the strategic role of various communication disciplines such as advertising, sales promotion, direct selling and personal selling to provide clarity, consistency and maximum communication impact. In expanding the marketing area through marketing communications is basically the placement of the company's mission or setting organizational goals with an emphasis on internal and external strengths, the formulation of certain policies and strategies to achieve goals and ensure their implementation is appropriate, so that the main goals and objectives of the company as a step for expanding the marketing area can be achieved. There are three important aspects that can be carried out in expanding the marketing area, namely market penetration, market development, product development.
Keywords: integrated marketing communications, marketing expansion, strategy.