Berdasarkan pengamatan kendala yang dialami guru adalah kesulitan dalam menemukan media yang tepat untuk keterampilan membaca siswa kelas 1 sekolah dasar pada pembelajaran daring. Maka dari itu dibuat media puzzle kata bergambar menggunakan aplikasi instagram untuk materi membaca permulaan. Media puzzle kata bergambar merupakan susatu permainan menyusun huruf menjadi sebuah kata dengan memanfaatkan fitur instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur, mengetahui kevalidan dan mengetahui kepraktisan media puzzle kata bergambar menggunakan aplikasi instagram untuk siswa kelas 1 sekolah dasar pada keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau dalam bahasa inggris disebut Research and Development (R&D). Dan model penelitian dan pengembangan yang digunakan merupakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif yang diperoleh dari hasil penilaian lembar alidasi dan angket. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan. Media puzzle kata bergambar memperoleh tingkat kevalidan sebesar 87,5% dari uji validasi media dan 95% dari uji validasi materi sehingga keduanya termasuk dalam kategori sangat valid dan tidak perlu revisi. Sedangkan untuk tingkat kepraktisan yang diperoleh dari hasil angket respon guru dan siswa masing-masing memperoleh persentase tingkat kepraktisan 100% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis dan tidak perlu revisi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media puzzle kata bergambar menggunakan aplikasi instagran dapat dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan.
Kata Kunci: pengembangan media, media puzzle kata bergambar, aplikasi instagram, keterampilan membaca
Based on the observation of the obstacles experienced by the teacher, it is the difficulty in finding the right media for reading skills of grade 1 elementary school students in online learning. Therefore a pictorial word puzzle media was created using the Instagram application for introductory reading material. The pictorial word puzzle media is a game to arrange letters into a word by utilizing the Instagram feature. This study aims to explain the procedure, determine the validity and know the practicality of the pictorial word puzzle media using the Instagram application for grade 1 elementary school students on pre-reading skills. This research uses research and development methods or in English it is called Research and Development (R&D). And the research and development model used is the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The type of data used is quantitative data obtained from the results of the evaluation sheet and questionnaire. Meanwhile, qualitative data were obtained from suggestions and input. The pictorial word puzzle media obtained a validity level of 87.5% from the media validation test and 95% from the material validation test so that both were included in the very valid category and did not need revision. As for the level of practicality obtained from the results of the questionnaire responses of teachers and students, each of them obtained a percentage of the practicality level of 100% so that it is included in the very practical category and does not need revision. From these results it can be concluded that the pictorial word puzzle media using the instagran application can be declared feasible and practical to use.
Keywords: media development, pictorial word puzzle media, Instagram application, reading skills