Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh persepsi dukungan organisasi dan budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) melalui kepuasan kerja pada PDAM surya sembada kota Surabaya bagian kelola SDM dan P2K. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 60 Responden pada karyawan PDAM surya sembada kota Surabaya bagian kelola SDM dan P2K. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0.
Hasil Peneitian ini menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi tidak berpengaruh terhadap OCB, persepsi dukungan organisasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja, budaya organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap OCB, budaya organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan positif terhadap OCB, kepuasan kerja tidak memediasi pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap OCB, kepuasan kerja memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap OCB.
Kata Kunci: Persepsi Dukungan Organisasi, Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior
This study aims to determine and explain the effect of perceived organizational support and organizational culture on organizational citizenship behavior (OCB) through job satisfaction of PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Bagian Kelola Sdm and P2k. This research is a causality study with a quantitative approach. The sampling technique uses saturated samples with a sample size of 60 respondents to employees of PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Bagian Kelola Sdm and P2k. The statistical analysis used in this study was Partial Least Square (PLS) with the help of SmartPLS 3.0 software.
The results of this study indicate that the perceived organizational support has no effect on OCB, perceived organizational support has no effect on job satisfaction, organizational culture has a significant positive effect on OCB, organizational culture has a significant positive effect on job satisfaction, Job satisfaction has a significant positive effect on OCB, job satisfaction does not mediate the effect of perceived organizational support on OCB, Job satisfaction mediates the effect of organizational culture on OCB.
Keywords: perceived organizational support, organizational culture , job satisfaction, organizational citizenship behavior