STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD THE IMPLEMENTATION OF EXTENSIVE READING PROGRAM USING XREADING
Sebagai program studi bahasa asing, jurusan bahasa Inggris salah satu Universitas di kota Surabaya melaksanakan kegiatan yang ditujukan untuk mendorong siswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa mereka. Extensive reading sudah menjadi salah satu kegiatan yang sudah dilaksanakan di jurusan bahasa Inggris untuk mendorong siswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa mereka. Pada semester ganjil tahun 2019, program extensive reading di jurusan bahasa Inggris sudah beralih dari extensive reading berbasis buku ke extensive reading berbasis online menggunakan platform XReading. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menginvestigasi tentang bagaimana siswa melaksanakan extensive reading berbasis online dan juga untuk mencari tahu bagaimana persepsi mereka tentang platform tersebut serta kemanfaatannya dalam membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. 68 siswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris menjadi partisipan dalam penelitian ini. Data penelitian diambil menggunakan kuisioner dan interview. Kuisioner didistribusikan kepada siswa yang kemudian diikuti dengan pelaksanaan interview dengan siswa yang tidak memberikan jawaban jelas pada kuisioner. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menanalisis data sehubungan dengan tujuan penelitian yakni untuk memahami suatu fenomena dari sudut pandang subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawasannya implementasi dari extensive reading program kebanyakan dilakukan di rumah dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh platform dan respon positif tentang platform XReading juga diberikan oleh siswa serta peningkatan mereka dalam beberapa aspek kemampuan berbahasa Inggris. Saran pasca penelitian ditujukan pada kegiatan lebih lanjut di dalam kelas lebih baik apabila dilaksanakan sebagai kegiatan lanjutan dari apa yang sudah dilakukan siswa di rumah. Selain itu, pengawasan rutin oleh supervisor juga lebih baik apabila diperketat.
Kata Kunci: Extensive reading, XReading, persepsi siswa.
As the foreign language department, English department of one of the Universities in Surabaya always conducted the activity for the students intended to encourage them to develop their language skills. Extensive reading has been one of the activities that have been carried out to support the students in developing their English skills. By the odd semester of 2019, extensive reading program at English department had shifted from paper-based extensive reading to online-based extensive reading program using XReading platform. It is a qualitative study since it aims to investigate how the students conduct the online-based extensive reading as well as examine their perceptions of the platform as well as its effectiveness in helping the students to improve their English skills. 68 students of English Education students were participated in the study. The data was taken using questionnaire and interview. The questionnaire was distributed to the students followed by the interview aimed at the students who did not give clear explanation in the questionnaire. The result of the study showed that the implementation of extensive reading program were mostly done at home with utilizing some features offered by the platform and positive responses about the XReading platform also given by the students as well as their improvement in some aspects of English ability. Suggestion are made on the further activity in the classroom that would be better to be carried out as the continued activity of what was done by the students at home as well as the routine surveillance by the supervisor should be tightened up.
Keywords: Extensive reading, XReading, students’ perception.