Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan Kelas X SMA
The Development Of Biology Learning Tools Based On Science Environment Technology And Society for 10th-Grade Senior High School Students
Sains Teknologi Masyarakat dan Lingkungan merupakan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk membahas isu permasalahan nyata lingkungan mengenai proses, dampak, dan gagasan pemecahan masalah. Keberhasilan dari proses pembelajaran dipengaruhi oleh pemilihan model ataupun pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi dengan mempertimbangkan kemampuan yang ingin dicapai oleh peserta didik serta bisa dirancang dalam suatu perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan RPP, LKPD, dan THB sebagai perangkat pembelajaran biologi yang valid secara teoritis dan layak digunakan dalam pembelajaran biologi pada materi perubahan lingkungan. Metode pengembangan yang digunakan adalah 4-D Models dan dibatasi sampai tahap pengembangan dengan uji validitas perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga validator dengan rincian dua dosen ahli dan satu guru biologi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa lembar validasi perangkat pembelajaran berdasarkan komponen penyajian, kelayakan isi, kebahasaan, kesesuaian model pembelajaran STML. Validitas dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan skor dan kriteria skala likert. Hasil penelitian menunjukkan skor validitas perangkat pembelajaran sebagai berikut RPP 3.78, LKPD 3.76, dan THB 3.82 dengan validitas 94% dan dapat simpulkan bahwa perangkat pembelajaran ini sangat valid dan dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran biologi materi perubahan lingkungan pada peserta didik kelas X SMA.Kata Kunci : Validitas, Perangkat Pembelajaran, STML.
Social and Environmental Science Technology-based learning model is a learning method that leads the students to discuss the real environmental issues about the process, the effects, and problem-solving ideas. The success of the learning process affected by the choice of learning models or approaches that appropriate to the materials while considering the abilities that need to be achieved by the students and can be designed to learning tools based on the 2013 curriculum. This research aims to produce RPP, LKPD, and THB as learning tools that theoretically valid and eligible to be used in biology learning especially in environmental change subject. The development method used is Four D Models which limited to the Develop stage with a validity test of the learning tools. The learning tools are validated by three validators, two expert lecturers and a biology teacher. The researchers used data collection instruments in the form of learning tools validation sheets based on presentation components, feasibility contents, language, and conformity of the learning model. The validity was analyzed descriptively and qualitatively based on scores and likert scale criteria. The validation of learning tools resulted in RPP 3.78, LKPD 3.76, and THB 3.82 eligibility value with an average percentage of 94%. Therefore, it can be concluded that these learning tools are valid and eligible to be used in biology learning especially the environmental change subject in second-grade high school students.
Keywords: Validity, Learning Tools, SETS.