PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH PANCASILA UNTUK PEMAHAMAN NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS II
DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA RUMAH PANCASILA FOR UNDERSTANDING STUDENTS CHARACTER VALUES IN CLASS II PANCASILA EDUCATION SUBJECTS
Pendidikan karakter di dalam kelas memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berperilaku baik dan bermoral. Pembelajaran Pancasila dan pendidikan karakter memiliki hubungan yang sangat erat, karena keduanya bertujuan membentuk individu yang memiliki integritas moral dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang baik. Materi Pancasila sering menuntut kemampuan untuk menghubungkan konsep-konsep dengan realitas. Namun peserta didik belum sepenuhnya punya kemampuan berpikir kritis dikarenakan pembelajaran yang kurang didukung oleh contoh-contoh konkret dan aplikasi praktis, serta masih minimnya penggunaan media hingga perlunya inovasi baru. Rumah Pancasila sebagai media pembelajaran yang berguna memberi pengalaman belajar yang konkret serta bisa memberi gambaran yang jelas terkait nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan Indonesia. Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengembangkan proses pembuatan serta kelayakan (kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan) media pembelajaran Rumah Pancasila yang efektif dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai karakter peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas II Sekolah Dasar. Media pembelajaran ini dirancang sebagai alat bantu konkret yang interaktif, berbentuk model rumah dengan lima ruangan yang mewakili setiap sila Pancasila. Setiap ruangan berisi materi yang menjelaskan nilai-nilai Pancasila melalui cerita, aktivitas, dan elemen interaktif yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menggunakan desain Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdapat lima tahapan: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Penilaian. Pengumpulan data akan melibatkan teknik angket dan tes. Selanjutnya, didapat hasil bahwa media Rumah Pancasila mendapat tingkatan kevalidan dari ahli media dan materi yakni 88% tanpa revisi. Dari segi kepraktisan, media ini memperoleh 81,90% dari angket respon peserta didik dan 98,75% dari lembar observasi. Selanjutnya tingkatan keefektifan diuji melalui N-Gain memperlihatkan hasil peningkatan sedang ada di angka 90,75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Rumah Pancasila mendapatkan penilaian sangat baik dari para ahli, baik dari aspek desain, isi materi, maupun keterlibatan siswa. Hasil uji coba lapangan juga menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter Pancasila. Siswa lebih mudah memahami dan mengaitkan setiap sila Pancasila dengan kehidupan sehari-hari melalui penggunaan media ini. Selain itu, guru memberikan umpan balik positif terkait kemudahan penggunaan dan efektivitas media dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, media Rumah Pancasila dapat direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran yang inovatif dan interaktif dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai karakter Pancasila. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan pengembangan lebih lanjut pada penggunaan media ini di kelas lain serta eksplorasi versi digital atau interaktif.
Kata Kunci: pendidikan karakter, nilai-nilai pancasila, media rumah Pancasila
Character education in the classroom has a very important role in shaping individuals who are not only intellectually intelligent, but also well-behaved and moral. Pancasila learning and character education have a very close relationship, because both aim to form individuals who have moral integrity and behave in accordance with good values. Pancasila material often demands the ability to connect concepts with reality. However, students do not fully have the ability to think critically because learning is not supported by concrete examples and practical applications, as well as the lack of use of media to the need for new innovations. Rumah Pancasila as a useful learning medium provides a concrete learning experience and can provide a clear picture related to Pancasila values and Indonesian citizenship. The purpose of this research is to develop the process of making and the feasibility (validity, effectiveness, and practicality) of Pancasila House learning media that is effective in increasing students' understanding of character values in Pancasila Education subjects in grade II of Elementary School. This learning media is designed as an interactive concrete tool, in the form of a house model with five rooms representing each Pancasila precept. Each room contains material that explains the values of Pancasila through stories, activities, and interactive elements that are relevant to students' daily lives. This study uses a Research & Development (R&D) design with the ADDIE development model which has five stages: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, and 5) Assessment. Data collection will involve questionnaire and test techniques. Furthermore, it was obtained that the Pancasila House media received a level of validity from media and material experts, namely 88% without revision. In terms of practicality, this media obtained 81.90% of the student response questionnaire and 98.75% of the observation sheet. Furthermore, the level of effectiveness tested through N-Gain shows that the result of increasing is moderate at 90.75. The results of the study show that the Pancasila House media received a very good assessment from experts, both in terms of design, material content, and student involvement. The results of the field trial also showed a significant increase in students' understanding of the values of the Pancasila character. Students find it easier to understand and relate each precept of Pancasila to daily life through the use of this media. In addition, teachers provide positive feedback regarding the ease of use and effectiveness of media in the learning process. Based on the results of this study, the Pancasila House media can be recommended as an alternative innovative and interactive learning media in an effort to increase students' understanding of the values of Pancasila character. For further research, further development is suggested on the use of this media in other classes as well as the exploration of digital or interactive versions.
Keywords: character education, pancasila values, rumah pancasila media