ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGAJARKAN NUMERASI PADA PERSIAPAN AKM DI SEKOLAH DASAR
ANALYSIS OF TEACHER DIFFICULTIES IN TEACHING NUMERACY IN AKM PREPARATION IN ELEMENTARY SCHOOL
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kesulitan yang
dialami ketika mengajarkan numerasi pada persiapan AKM di kelas V Sekolah
Dasar 2) Untuk mengetahui solusi yang harus dilakukan guru dalam menangani
kesulitan mengajarkan numerasi pada persiapan AKM di kelas V Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, sumber data penelitian ini diperoleh
dari data primer melalui observasi pembelajaran dan data sekunder melalui
wawancara guru kelas V serta peserta didik lalu dokumentasi yang berhubungan
dengan penelitian tersebut. Penelitian ini dilakukan di SDN Lidah Kulon 1/464
Surabaya. Hasil penelitian ini adalah terdapat adanya kesulitan dalam mengajar
numerasi di kelas V seperti minat membaca peserta didik yang masih kurang,
kesulitan menjelaskan soal HOTS numerasi karena minat belajar numerasi masih
rendah dan kemampuan pemahaman peserta didik yang berbeda dan jam
pembelajaran numerasi di sekolah tidak ada pada jadwal. Pada hasil observasi dan
wawancara terkait kesulitan tersebut, peneliti juga menemukan solusi yang bisa
dilakukan oleh guru seperti menumbuhkan minat membaca peserta didik dengan
memanfaatkan sarana yang ada, berlatih soal-soal HOTS AKM, pengelompokkan
belajar peserta didik dan pemberian media pembelajaran.
Kata Kunci: Numerasi, AKM, Kesulitan
The purposes of this research are 1) To find out the difficulties
experienced when teaching numeracy in AKM preparation in grade V elementary
school 2) To find out the solutions that teachers must do in dealing with
difficulties in teaching numeracy in AKM preparation in grade V elementary
school. This type of research is descriptive qualitative, the data source of this
research is obtained from primary data through learning observations and
secondary data through interviews with grade V teachers and students and
documentation related to the research. This research was conducted at SDN Lidah
Kulon 1/464 Surabaya. The results of this study are that there are difficulties in
teaching numeracy in class V such as students' lack of interest in reading,
difficulty explaining numeracy HOTS questions because interest in learning
numeracy is still low and students understanding abilities are different and
numeracy learning hours at school are not on the schedule. In the results of
observations and interviews related to these difficulties, researchers also found
solutions that can be done by teachers such as fostering students interest in
reading by utilizing existing facilities, practicing AKM HOTS questions, grouping
students learning and provision of learning media
Keywords: Numeracy, AKM, Difficulty