Vocal Learning Strategies For Children at Purwacaraka Music Studio Margorejo Surabaya
Abstrak
Purwacaraka Music Studio (PCMS) merupakan lembaga musik nonformal yang didirikan oleh komponis dan musisi Indonesia yaitu Purwacaraka. PCMS menghasilkan banyak musisi khususnya penyanyi serta meraih banyak prestasi. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh peran tenaga pendidik yang memiliki latar belakang berpengalaman di bidang musik serta mampu mengembangkan bakat siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi dan hasil pembelajaran vokal untuk anak-anak di PCMS Margorejo Surabaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstrukur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menyatakan bahwa strategi pembelajaran vokal mengoptimalkan, persiapan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, penyampaian materi pembelajaran. Strategi tersebut telah menjadikan siswa lebih efektif dalam proses pembelajaran vokal terkhusus pada usia anak-anak. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meliputi aspek-aspek penilaian yang terdiri dari aspek sikap (kehadiran, kedisiplinan, bersosialisasi, keaktifan) serta aspek keterampilan (pernafasan, vokalisi, artikulasi, sikap badan, miking, intonasi, phrasering, ekspresi pada saat menyanyikan lagu). Berdasarkan evaluasi tersebut pembelajaran vokal pada anak-anak di PCMS memiliki kualitas yang baik dan tenaga pendidiknya juga profesional dalam mengajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan melihat hasil pembelajaran pada laporan lembar belajar siswa dengan nilai yang baik.
Kata Kunci: Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Hasil Pembelajaran
Abstract
Purwacaraka Music Studio (PCMS) is a non-formal music institution founded by Indonesian composers and musicians, namely Purwacaraka. PCMS produces many musicians, especially singers and has achieved many achievements. This is certainly influenced by the role of educators who have experienced backgrounds in the music field and are able to develop student talents. The purpose of this study was to analyze the strategies and results of vocal learning for children at PCMS Margorejo Surabaya. This research is a qualitative research using data collection techniques through observation, structured interviews, and documentation. Data analysis was carried out systematically including data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the discussion state that the vocal learning strategy optimizes, preparations for learning, uses learning media, delivers learning material. This strategy has made students more effective in the vocal learning process, especially at the age of children. This can be seen from the student learning outcomes which include aspects of assessment consisting of aspects of attitude (presence, discipline, socializing, activeness) as well as aspects of skills (breathing, vocals, articulation, posture, miking, intonation, phrasering, expression at the time. Sing a song). Based on this evaluation, vocal learning in children in PCMS is of good quality and the educators are also professional in teaching students. This is evidenced by looking at the learning outcomes on student study sheet reports with good grades.
Keywords: Learning, Learning Strategies, Learning Outcomes