Penilaian merupakan proses pengumpulan data atau informasi untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Penilaian pada aspek kognitif dalam pembelajaran dapat dicapai salah satunya dengan penilaian pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian HOTS yang valid dan reliabel.
Pengembangan instrumen HOTS ini menggunakan model R&D yang terdiri dari sepuluh tahap, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap keenam. Instrumen yang dikembangkan diujicobakan kepada 20 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Validitas instrumen HOTS ditentukan berdasarkan hasil validasi oleh ahli pendidikan dan ahli materi yang ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Reliabilitas instrument penilaian HOTS ditentukan berdasarkan hasil tes peserta didik. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian HOTS yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai 4 yang termasuk dalam kategori sangat valid, serta memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,65 yang termasuk dalam kategori tinggi, tingkat kesukaran yang beragam yaitu 25% mudah, 50% sedang, dan 25% sukar. Nilai sensitivitas diperoleh hasil yaitu 100% sensitif dengan nilai yang beragam. Nilai sensitivitas terkecil yaitu 0,25 dan nilai sensitivitas terbesar yaitu 0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian HOTS pada sub materi Dampak Penyalahgunaan Psikotropika dinyatakan reliabel.
Kata kunci : Instrumen Penilaian, High Order Thinking Skills (HOTS), Sub Materi Dampak Penyalahgunaan Psikotropika.
Assessment is the process of collecting data or information to measure student learning outcomes. Assessment in learning can be achieved, wich one with the assessment of knowlegde. This study aims to produce a valid and reliable HOTS assessment instrument.
The development of this HOTS instrument uses an R & D model consisting of ten stages, but in this study only reached the sixth stage. The instrument developed was tested on 20 students of class XI of SMA 1 Menganti Gresik. The validity of HOTS instruments is determined based on the results of validation by education experts and material experts in terms of material, construction, and language aspects. Data obtained from the research results were analyzed descriptively quantitatively.
The results showed that the HOTS assessment instrument developed was declared valid with a value of 4 which was included in the very valid category. The results of the item analysis have a reliability value of 0,65 which is included in high category, and varying difficulty levels, namely 25% easy, 50% moderate, and 25% difficult. The sensitivity score obtained results of 100% sensitive with varying scores. The smallest sensitivity score is 0.25 and the largest sensitivity score is 0.65. Based on the research done, it can be concluded that the HOTS assessment instrument on the sub-material of Psychotropic Misuse Impact is stated reliable.
Keywords: Instrument of Assessment, High Level Thinking Skills (HOTS), Sub Material Impact of Psychotropic.