ABSTRAK
Fibriana Sari, Ria. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung Dengan Media Animasi Berbasis Flash pada Materi Kubus dan Balok Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana Univesitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. I Ketut Budayasa,Ph.D, dan (II) Dr. Agung Lukito, M.S.
Kata-kata Kunci: Pembelajaran Langsung, Flash, Kubus dan Balok.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru maka diperlukan alternatif pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu alternatif yaitu menggunakan media animasi Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran langsung dengan media animasi berbasis Flash pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D (model Thiagarajan dkk). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Media Pembelajaran Berbasis Flash, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (4) Tes Hasil Belajar (THB).
Berdasarkan hasil uji coba perangkat, diperoleh perangkat pembelajaran langsung berbasis Macromedia Flash valid menurut para validator serta memenuhi kriteria: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran berkriteria baik, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran baik, (3) respons siswa terhadap komponen belajar positif, (4) tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berkualitas baik
ABSTRACT
Fibriana Sari, Ria. 2019. Development Equipment of Direct Intruction With Flash Based Animation Media on The Topic Cube and Cuboid For Class VIII High School. Thesis, Postgraduate of State University of Surabaya. Supervisors: (I) Prof. I Ketut Budayasa, Ph.D, and (II) Dr. Agung Lukito, M.S.
Keywords: Direct intruction, Macromedia Flash, cube and cuboid.
This research is triggered by low students learning outcomes in cube and cuboid material. It was occured because teacher was dominating learning activities. As a resuly, an alternatif learning activities based on flash based animation media. This research is a development of research. The purpose of this research is to produce the direct learning based on Macromedia Flash device which can improve student learning outcomes in class VIII on the topic cube and cuboid. Development of a learning device performed using 4-D models (model Thiagarajan et al). Learning device produced in the form of: (1) Lesson Plan (RPP), (2) Introductional Media Based on Macromedia Flash, (3)Student Worksheet (LKS), and (4) Learning Outcomes (THB).
Based on the results of the test device, obtained by the direct learning based on Macromedia Flash have been valid according to the validator and qualified: (1) the ability to manage the learning criteria of good teachers, (2) the activity of students active in the learning process, (3) Classical learning completeness reached, (4) students response positive a learning component, (5) the learning outcomes test meet the criteria for a valid, reliable, and sensitive. Thus, it can be concluded that problem based learning was effective.