PENGEMBANGAN PANDUAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL PODCAST REGULASI EMOSI BERBASIS SPOTIFY UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMA
DEVELOPMENT OF SPOTIFY-BASED EMOTION REGULATION PODCAST CLASSICAL TUTORING SERVICE GUIDE TO IMPROVE EMOTION REGULATION IN HIGH SCHOOL STUDENTS
Regulasi emosi adalah proses yang dapat mengubah perilaku dan pengalaman seseorang. Hasil asessmen melalui Angket Kebutuhan Siswa (AKPD) 88% atau 97 siswa dari 111 responden, dengan prioritas kebutuhan tertinggi adalah kurang pemahaman tentang cara meregulasi emosi dengan baik. Hasil pengamatan yang dilakukan selama 2 minggu dari tanggal 18-30 September 2023 di kelas XI, terjadi pertengkaran, memukul dan memarahi temannya, mengacungi jari tengah ke temannya, dan berbicara kotor. Hasil wawancara pada Selasa, 3 Oktober 2023 terhadap 2 guru BK menyebutkan belum memiliki media yang menarik untuk siswa dan menggunakan metode ceramah.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa panduan layanan bimbingan klasikal podcast regulasi emosi berbasis Spotify yang memenuhi kriteria aksebilitas dari para ahli, yang terdiri dari kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Panduan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang regulasi emosi yang menarik, memfasilitasi siswa untuk meningkatkan regulasi emosi melalui konten audio atau podcast yang dapat diakses secara fleksibel. Peneliti menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari Borg dan Gall (1983). Penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap kelima yaitu revisi hasil uji coba lapangan awal.
Berdasarkan uji validasi oleh ahli materi diperoleh prosentase 97.5% atau kategori sangat baik, uji validasi oleh ahli media diperoleh prosentasi 92.5% atau kategori sangat baik, dan uji validasi oleh calon pengguna guru BK diperoleh hasil prosentase 96.25% atau kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa panduan layanan bimbingan klasikal podcast regulasi emosi berbasis Spotify untuk meningkatkan regulasi emosi peserta didik pada siswa SMA memben telah memenuhi kriteria aksebilitas.
Kata Kunci: Regulasi Emosi, Pengembangan, Panduan, Bimbingan Klasikal, Podcast.
Emotion regulation is a process that can change a person's behavior and experience. The results of the assessment through the Student Needs Questionnaire (AKPD) were 88% or 97 students out of 111 respondents, with the highest priority need being a lack of understanding of how to regulate emotions properly. The results of observations made for 2 weeks from September 18-30, 2023 in class XI, there were arguments, hitting and scolding their friends, pointing their middle fingers at their friends, and talking dirty. The results of interviews on Tuesday, October 3, 2023 with 2 counseling teachers mentioned that they did not have interesting media for students and used the lecture method.
This research aims to produce a product in the form of a Spotify-based emotion regulation podcast classical guidance service guide that meets the criteria of accessibility from experts, which consists of usefulness, feasibility, accuracy, and appropriateness. The guide aims to increase students' understanding of interesting emotion regulation, facilitating students to improve emotion regulation through audio or podcast content that can be accessed flexibly. Researchers used the Research and Development (R&D) development model adapted from Borg and Gall (1983). This research was only carried out up to the fifth stage, namely revision of the results of the initial field trial.
Based on the validation test by material experts, a percentage of 97.5% or very good category was obtained, the validation test by media experts obtained a percentage of 92.5% or very good category, and the validation test by prospective users of counseling teachers obtained a percentage of 96.25% or very good category. Thus it can be concluded that the Spotify-based emotion regulation podcast classical guidance service guide to improve students' emotion regulation in high school students has met the accessibility criteria.
Keywords: Emotion Regulation, Development, Guidance, Classical Guidance, Podcast.