Pembelajaran Musik Untuk ABK Dengan Metode Garap di Pondok Sosial Kalijudan Surabaya
Learning Music For ABK With Garap Method at Pondok Sosial Kalijudan Surabaya
Pondok sosial Kaijudan Surabaya merupakan lembaga sosial yang menaungi warga disabilitas dan memberikan bekal keterampilan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah musik. Pembelajaran musik di pondok sosial Kalijudan menggunakan metode garap sebagai metode pembelajaran untuk mempermudah warga difabel dalam mempelajari keterampilan bermusik. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah : 1) Bagaimana konsep pembelajaran musik dengan menggunakan metode garap pada anak berkebutuhan khusus di pondok sosial Kalijudan, 2) Bagaimana penerapan metode garap dalam pembelajaran musik pada anak berkebutuhan khusus di Pondok Sosial Kalijudan, 3) Bagaimana hasil pembelajaran musik dengan metode garap pada anak berkebutuhan khusus di Pondok Sosial Kalijudan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak ABK, guru musik dan pengasuh anak ABK di pondok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran musik dan proses garap dalam pembelajaran musik di pondok sosial Kalijudan.
Hasil dari pembelajaran musik dengan metode garap di pondok sosial Kalijudan Surabaya dapat diketahui bahwa 1) Pembelajaran musik di pondok sosial Kalijudan memiliki tujuan, fungsi, manfaat, sintaks yang mengacu pada metode garap dalam penciptaan karya seni, dan materi lagu yang mudah dicerna anak berkebutuhan khusus . 2) Penerapan metode garap yang dimplementasikan kedalam pelaksanaan pembelajaran musik di pondok sosial Kalijudan dapat diterima oleh anak berkebutuhan khusus. 3) Pembelajaran musik membantu perkembangan Kognitif, Afektif, maupun Psikomotor anak berkebutuhan khusus menjadi lebih baik. Hal tersebut di buktikan melalui penilaian akhir yang berupa tes praktek dan catatan penilaian tertulis oleh guru musik.
Pondok Sosial Kalijudan Surabaya is a social institution that houses people with disabilities and provides skills in various fields, one of which is music. Music learning at the Kalijudan social boarding school uses the garap method as a learning method to make it easier for people with disabilities to learn musical skills. The formulation of the problem in this study are: 1) How is the concept of learning music using the working method for children with special needs at the pondok sosial Kalijudan, 2) How is the application of the working method in learning music for children with special needs at the pondok sosial Kalijudan, 3) How are the results of music learning with the method of working on children with special needs at Pondok Sosial Kalijudan.
This research uses qualitative research. The subjects of this study were children with special needs, music teachers and caregivers for children with special needs at the boarding school. Data collection techniques in this study using observation, interviews and documentation. The object of this research is the process of learning music and the process of working on music learning at the pondok sosial Kalijudan.
The results of learning music using the working method at the pondok sosial Kalijudan Surabaya can be seen that 1) Music learning at the pondok sosial Kalijudan has a purpose, function, benefit, syntax that refers to the garap method in creating works of art, and song material that is easily digested by children with special needs. . 2) The application of the working method that is implemented into the implementation of music learning at the pondok sosial Kalijudan can be accepted by children with special needs. 3) Music learning helps the cognitive, affective, and psychomotor development of children with special needs to be better. This is proven through the final assessment in the form of practical tests and written assessment notes by the music teacher.