MENGEMBANGKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN VARIASI GAMIFICATION BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL
DEVELOPING STUDENT WORKSHEETS USING GAMIFICATION VARIATIONS ASSISTED BY THE WORDWALL APPLICATION
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan variasi gamifikasi merupakan bahan ajar yang menyajikan materi pembelajaran dengan latihan soal yang disajikan melalui game online dengan menggunakan aplikasi Wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD dengan variasi gamifikasi dengan menggunakan aplikasi wordwall pada mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis di kelas X MP SMK Negeri 1 Jombang dan menganalisis kelayakan bahan ajar, respon peserta didik, dan kefektifan penggunaan LKPD dengan variasi gamifikasi berbantuan aplikasi wordwall pada elemen 6 mata pelajaran Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis di kelas X MP SMK Negeri 1 Jombang.
Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengani model pengembangan ADDIE yang terdiri darii 5 tahapan yaitu, Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini terbatas sebanyak 71 peserta didik yang terdiri dari kelas X MP 1 dan kelas X MP 2. Instrument pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi, bahasa, dan media, angket respon peserta didik, dan lembar tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu validasi materi, validasi bahasa, validasi media, angket respon peserta didik, dan analisis efektifitas dengan uji N-Gain.
Hasil penelitian ini menujukkan proses pengembangan dengan model ADDIE pada LKPD dengan variasi gamifikasi dengan menggunakan aplikasi wordwall telah dibuat berdasarkan kebutuhan proses pembelajaran baik dari materi dan karakteristik peserta didik. Hasil penilaian kelayakan bahan ajar untuk kegiatan pembelajaran diperoleh validasi ahli materi sebesar 96%, validasi ahli bahasa sebesar 79%, dan validasi ahli media sebesar 92% dengan kriteria interpretasi sangat kuat. Begitu juga pada hasil angket respon peserta didik terhadap media mendapat persentase sebesar 99%. Adapun hasil uji efektifitas menunjukkan rata-rata N-Gain sebesar 0,46 dengan kriteria interpretasi sedang. Sehingga kesimpulan yang didapat adalah pengunaan LKPD layak untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar madiri bagi peserta didik di SMK Negeri 1 Jombang pada elemen 6 mata pelajaran Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis.
Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Gamifikasi, Wordwall, Dasar Manajemen dan layanan Bisnis
Student Worksheets (LKPD) with variations of gamification are teaching materials that present learning material with practice questions presented through online games using the Wordwall application. This research aims to describe the process of developing LKPD with variations of gamification using the wordwall application in the Basics of Office Management and Business Services subject in class Gamification assisted by the wordwall application in elements of 6 subjects Basics of Office Management and Business Services in class X MP SMK Negeri 1 Jombang.
This research uses the R&D (Research and Development) method with the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely, Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The test subjects in this research were limited to 71 students consisting of class X MP 1 and class . The data analysis techniques used are material validation, language validation, media validation, student response questionnaires, and effectiveness analysis using the N-Gain test.
The results of this research show that the development process using the ADDIE model on LKPD with variations of gamification using the wordwall application has been created based on the needs of the learning process both in terms of material and student characteristics. The results of the assessment of the suitability of teaching materials for learning activities obtained material expert validation of 96%, language expert validation of 79%, and media expert validation of 92% with very strong interpretation criteria. Likewise, in the questionnaire results, students' responses to the media received a percentage of 99%. The results of the effectiveness test show an average N-Gain of 0.46 with moderate interpretation criteria. So the conclusion obtained is that the use of LKPD is suitable for use as an alternative source of independent learning for students at SMK Negeri 1 Jombang in element 6 of the Basic Office Management and Business Services subjects.
Keywords: Development, Student Worksheets, Gamification, Wordwall, Management Basics and Business Services