PENERAPAN GAYA DADAISME DALAM PERANCANGAN T-SHIRT BRAND BRIGSIDE
APPLICATION OF DADAISM STYLE IN BRIGSIDE BRAND T-SHIRT DESIGN
Perkembangan desain T-Shirt mendorong para desainer untuk berkarya pada media yang akan diperjualbelikan kepada konsumen dengan karakterisik desain dan brand yang berbeda-beda. Brigside merupakan sebuah brand dalam bidang pakaian yang mengusung semangat Youth Culture atau budaya remaja di kota Surabaya melalui pesan visual yang disampaikan lewat desain T-Shirt. Pada katalog 2021, Brigside ingin melakukan diversifikasi produk dengan memperkaya gaya desain T-Shirt mereka. Sebagai upaya untuk pengembangan desain T-Shirt brand Brigside, maka dibutuhkan penerapan gaya Dadaisme pada desain T-Shirt brand Brigside yang bertujuan untuk menjadi pembaruan gaya desain pada katalog sebelumnya. Dadaisme merupakan aliran seni yang mengusung teknik kolase dalam proses berkaryanya dimana hal tersebut akan diaplikasikan pada perancangan desain T-Shirt ini sebagai gaya visual pembeda dari brand kompetitor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang diperoleh dari wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan Matriks SWOT. Perancangan ini menghasilkan 3 (tiga) desain kaos sebagai media utama, dengan media pendukung dalam bundling package yang berupa: desain packaging, dompet kanvas tahan air, korek api, dan stiker. Media tersebut membuktikan bahwa penerapan gaya Dadaisme pada desain T-Shirt brand Brigside merupakan strategi yang tepat sebagai bentuk pengembangan dan gaya desain pembeda dari brand kompetitor.
The development of T-Shirt designs encourages designers to work on media that will be traded to consumers with different design and brand characteristics. Brigside is a clothing brand that carries the spirit of Youth Culture in the city of Surabaya through visual messages conveyed through T-Shirt designs. In the 2021 catalog, Brigside wants to diversify their products by enriching their T-Shirt design style. As an effort to develop the Brigside brand T-Shirt design, it is necessary to apply the Dadaism style to the Brigside brand T-Shirt design which aims to be an update of the design style in the previous catalog. Dadaism is an art genre that carries the collage technique in its work process where it will be applied to the design of this T-Shirt design as a visual style that distinguishes it from competing brands. This study uses qualitative methods with data obtained from interviews, documentation, and literature studies. The data obtained, then analyzed using the SWOT Matrix. This design resulted in 3 (three) t-shirt designs as the main media, with supporting media in the bundling package in the form of packaging design, waterproof canvas wallet, matches, and stickers. The media proves that the application of the Dadaism style to the Brigside brand T-Shirt design is the right strategy as a form of development and differentiating design styles from competing brands.