PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL MENGGAMBAR DESAIN ROK SECARA DIGITAL DI KELAS X BUSANA 1 SMK NEGERI 2 TUBAN
DEVELOPING TUTORIAL VIDEO OF DIGITALLY DRAW A SKIRT DESIGN IN X GRADE MAJORING IN FASHION OF SMK NEGERI 2 TUBAN
Video tutorial merupakan media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran siswa karena mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya, media pembelajaran dalam bentuk video tutorial dapat memudahkan siswa dalam memahami materi ajar dan secara konsisten akan mempengaruhi tingkat pencapaian hasil belajar siswa, karena dengan belajar melalui video tutorial mengundang ketertarikan para siswa untuk belajar dan bermain. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat validitas video tutorial menggambar rok secara digital oleh validator di SMK Negeri 2 Tuban, 2. Untuk mendeskripsikan hasil belajar menggunakan video tutorial menggambar desain rok secara digital di kelas Busana 1 SMK Negeri 2 Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada bulan November tahun 2021. Subjek penelitian yang digunakan adalah 36 siswa kelas X Busana 1 SMK Negeri 2 Tuban, Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode penilaian tingkat validitas video tutorial dan penilaian tugas. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian tingkat validitas video tutorial dan lembar penilaian tugas. Validator sebanyak dua orang yang terdiri dari validator media dan validator materi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata tingkat validitas video tutorial dan kategorisasi nilai belajar berdasarkan KKM. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1. pengembangan video tutorial menggambar rok secara digital dinyatakan layak di terapkan di kelas busana SMK Negeri 2 tuban dengan total rerata 4.07, 2. Hasil tes kelas X Tata Busana 1 SMK Negeri 2 Tuban didapat rata-rata sebesar 78.5% yang memenuhi standar presentase ketuntasan di angka 86%.
Kata Kunci: Video tutorial, Menggambar desain rok, Digital.
Video tutorials are learning media that can help the student learning process because they are easy to use and simple to operate, learning media in the form of video tutorials can make it easier for students to understand teaching material and will consistently affect the level of achievement of student learning outcomes, because learning through video tutorials invites students' interest in learning and playing. This study aims: 1. To find out how high the validity level of video tutorials is to draw skirts digitally by validators at SMK Negeri 2 Tuban, 2. To describe learning outcomes using video tutorials to draw skirt designs digitally in Fashion 1 class at SMK Negeri 2 Tuban. This research uses a type of development research with the ADDIE model. This research was conducted in November 2021. The research subjects used were 36 class X Clothing 1 SMK Negeri 2 Tuban. The data collection method used was the method of assessing the validity level of video tutorials and assessment of assignments. The research instrument was in the form of a video tutorial validity level assessment sheet and an assignment assessment sheet. There are two validators consisting of media validators and material validators. The data analysis method used is descriptive by calculating the average value of the video tutorial validity level and learning value categorization based on KKM. The results of the research that has been carried out show that: 1. the development of a video tutorial on drawing skirts digitally is declared feasible to be applied in the fashion class of SMK Negeri 2 Tuban with a total average of 4.07, 2. The test results for class X Fashion Design 1 of SMK Negeri 2 Tuban obtained an average of 78.5% which meets the standard percentage of completeness at 86%.
Keywords: Video tutorial, Drawing skirt designs, Digital.