RASIONALITAS MENJADI JOKI GAME MOBILE LEGEND DI SIDOARJO
THE RATIONALITY OF BECOMING A LEGEND MOBILE GAME JOCKEY IN SIDOARJO
ABSTRAK
Game Mobile Legend merupakan game online yang telah menjadi fenomena dalam hampir semua kota-kota besar di Indonesia. Hal itu di tengarahi dengan banyaknya penggemar dari game ini, yang mana penggemar dari game ini tidak hanya anak-anak saja, melainkan banyak remaja dan orang dewasa yang juga memainkan game ini. Namun, dalam praktiknya ada yang memanfaatkan game online ini sebagai sumber penghasilan, yang mana hal itu akan memiliki dampak baik positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat lebih dalam terkait fenomena yang terjadi mengenai game mobile legend ini, khususnya pada para penjoki game Mobile Legend yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini peneliti berfokus pada Rasionalitas menjadi penjoki game Mobile Legend bagi remaja di Sidoarjo. Berdasarkan temuan data terdapat dampak positif dan negatif dari menjadi joki game mobile legend ini, dampak positifnya adalah bisa mendapatkan uang hanya dengan bermain game, sedangkan dampak negatifnya adalah terganggunya kegiatan sehari-hari. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menjadikan game online sebagai sumber penghasilan, menyebabkan ada pertimbangan terkait kegiatan sehari-hari dan gangguan kesehatan di kemudian hari.
Kata Kunci: Rasionalitas, Game Mobile Legend, Joki Game Mobile Legend
ABSTRACT
Mobile Legend game is an online game that has become a phenomenon in almost all major cities in Indonesia. This is indicated by the large number of fans of this game, where fans of this game are not only children, but also many teenagers and adults who also play this game. However, in practice there are those who use this online game as a source of income, which will have both positive and negative impacts. This study aims to look deeper into the phenomenon that occurs regarding this mobile legend game, especially for the Mobile Legend game jockeys in Sidoarjo Regency. In this study, the researcher focused on the Rationality of becoming a Mobile Legend game jockey for teenagers in Sidoarjo. Based on the data findings, there are positive and negative impacts of becoming a mobile legend game jockey, the positive impact is being able to get money just by playing games, while the negative impact is the disruption of daily activities. This researcher used a qualitative method with a case study approach. The results of the study showed that by making online games a source of income, there were considerations related to daily activities and health problems in the future.
Keywords: Rationality, Mobile Legend Game, Mobile Legend Game Jockey