Meta - Analisis Pengaruh Media Pebelajaran Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa SMK
Meta - Analysis of the Effect of Learning Media on Learning Outcomes of Technical Mechanics of Vocational School Students
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar mekanika teknik siswa. Metode penelitihan yang digunakan adalah metode meta – analisis dengan sampel sebanyak 8 artikel pada jurnal nasional. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa ukuran efek total adalah 1,24 (SD = 1,08). Penggunaan media pembelajaran memberikan hasil 39,25% untuk meningkatkan hasil belajar mekanika teknik siswa. Klasifikasi media yang mempunyai pengaruh paling besar adalah media elektronik = 1,60 (SD = 1,21). Media elektronik memberikan kontribusi sebesar 44,52%. Materi dalam media pembelajaran yang memberikan pengaruh paling besar adalah materi reaksi gaya dan reaksi tumpuan = 1,62 (SD = 1,11). Penggunaan media pembelajaran meningkatkan hasil belajar mekanika teknik pada materi reaksi gaya dan reaksi tumpuan sebesar 44,74%. Jenis klasifikasi media pada materi keseimbangan gaya normal gaya lintang dan momen pada balok sederhana yang memberi pengaruh paling besar adalah media elektronik dengan = 1,21 (SD = 1,20). Penggunaan media pembelajaran macromedia flash, Scrath, dan CAI mampu meningkatkan hasil belajar mekanika teknik pada materi keseimbangan gaya normal gaya lintang dan momen pada balok sederhana sebesar 38,69%. Jenis klasifikasi media pada materi reaksi gaya dan reaksi tumpuan yang memberikan pengaruh paling besar adalah media elektronik dengan = 2,11 (SD = 1,25). Penggunaan media pembelajaran macromedia flash dan CAI mampu meningkatkan hasil belajar mekanika teknik pada materi reaksi gaya dan tumpuan sebesar 48,26%.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mekanika Teknik, Meta – Analisis, Effect Size.
This research aims to determine the effect of using the media learning of mechanical engineering students. This research method is a meta-analysis with a sample of 8 articles in national journals. The results of the calculation show that the total effect size is 1.24 (SD=1.08). The use of instructional media gives 39.25% results to improve the mechanical engineering of student learning outcomes. The classification of media which has the most influence is electronic media = 1.60 (SD=1.21). Electronic media contributed 44.52%. The material that uses of learning media that gives the greatest effect is the material reaction force and reaction support =1.62 (SD=1.11). Instructional media can improve learning outcomes of mechanical engineering on the material reaction force and reaction reaction by 44.74%. Based on the type of media classification on the material the normal force balance of latitude and moment on a simple beam that gives the greatest effect is that electronic media with =1.21 (SD=1.20). Instructional media macromedia flash, Scrath, and CAI can improve the learning outcomes of mechanical engineering on the material of the normal force balance of latitude and moment on simple beams by 38.69%. The type of media classification on the material reaction force and the reaction reaction that gives the greatest effect is electronic media with =2.11 (SD=1.25). This means that the use of instructional media macromedia flash and CAI can improve learning outcomes of mechanical engineering on the material reaction force and support by 48.26%.
Keywords: Instructional Media, Mechanical Engineering, Meta-Analysis, Effect Size.