Pesan Vegan dalam Iklan Instagram @burgerkingde (Kajian Semiotika)
Vegan Messages in @burgerkingde Instagram Ads (Semiotic Study)
Iklan adalah satu media yang sering digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menyampaikan informasi. Media sosial Instagram kerap digunakan untuk beriklan karena mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat, khususnya kaum muda. Burger King sebagai salah satu waralaba restoran cepat saji yang dikenal luas juga menggunakan media Instagram dalam beriklan. Dalam akun Instagramnya yaitu @burgerkingde, Burger King Deutschland membuat beberapa iklan yang membawakan pesan vegan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna secara denotatif dan konotatif dari iklan yang dibuat Burger King Deutschland. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang didukung oleh teori semiotika Roland Barthes dan teori mengenai gaya hidup vegan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa delapan iklan Burger King Deutschland membawakan pesan-pesan vegan melalui penyampaian yang beragam.
Kata kunci: semiotika, Roland Barthes, pesan, vegan, Burger King
Advertising is a medium that is often used by a company to convey information. Instagram social media is often used for advertising because it is able to reach various levels of society, especially young people. Burger King as one of the widely recognized fast food restaurant franchises also uses Instagram media in advertising. In its Instagram account, @burgerkingde, Burger King Deutschland makes several advertisements that carry vegan messages. The purpose of this research is to find out the denotative and connotative meanings of advertisements made by Burger King Deutschland. The research method used is qualitative research supported by Roland Barthes' semiotic theory and the theory of vegan lifestyle. The results of this study show that Burger King Deutschland's eight advertisements carry vegan messages through diverse delivery.
Keywords: semiotics, Roland Barthes, message, vegan, Burger King