ABSTRAK
Wahyuni, Heni Sri, 2019. Pengembangan Buku Berjenjang Berdasarkan Kaidah Perjenjangan Buku untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Baca-Tulis siswa Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Hum., dan (II) Dr. Hendratno, M.Hum.
Kata-kata kunci: Buku berjenjang, Keterampilan Literasi Baca-Tulis
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas buku berjenjang berdasarkan kaidah perjenjangan buku untuk meningkatkan keterampilan literasi baca-tulis siswa sekolah dasar.
Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik dengan subjek penelitian adalah 30 siswa kelas III tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D dari Thiagarajan (1974). Deskrpsi dari kelayakan buku berjenjang berdasarkan kaidah perjenjangan buku merupakan kriteria penentu apakah kualitas suatu produk layak digunakan atau tidak. Instrumen dari kelayakan tersebut menggunakan lembar validasi (isi, kebahasaan, dan kegrafikaan). Deskripsi dari kepraktisan buku berjenjang berdasarkan kaidah perjenjangan buku yaitu merupakan alat evaluasi yang lebih memberikan penekanan di tingkat efisiensi serta efektifitas alat evaluasi. Deskripsi kepraktisan ini menggunakan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Sedangkan, deskripsi dari efektifitas buku berjenjang berdasarkan kaidah perjenjangan buku merupakan suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantitas, kualitas, dan waktu) telah tercapai. Dimana semakin besar presentase target yang dicapai, semakin tinggi pula efektifitasnya. Deskripsi ini dicapai dari lembar penilaian keterampilan literasi baca-tulis Siswa dan lembar angket respon siswa.
Berdasarkan hasil analisis data dari deskripsi kelayakan, kepraktisan, dan kefektifitas buku berjenjang berdasarkan kaidah perjenjangan buku yang dijabarkan, hasil rekapitulasi validasi buku berjenjang validasi atau kelayakan buku berjenjang dari segi isi, kebahasaan, dan kegrafikaan mendapatkan nilai rata-rata 48 dengan presentase 96% dan memiliki kategori sangat baik atau sangat layak digunakan. Aspek kepraktisan, hasil rekapitulasi rata-rata skor akhir aktivitas guru adalah adalah 4.46 atau memiliki presentase sebesar 89.22% dan berkategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa memiliki rata-rata 4.19 atau presentase 83,84% dengan kategori baik. Aspek keefektifan, hasil nilai rata-rata tes keterampilan literasi baca-tulis sebelum menggunakan buku berjenjang memperoleh rata-rata 52 dengan kategori Tidak Tuntas, dan nilai rata-rata tersebut meningkat setelah menggunakan buku berjenjang yaitu memperoleh rata-rata 89 dengan kategori Tuntas. Untuk respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan adalah Sangat Baik dengan persentase akhir sebesar 86 %. Secara garis besar, dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku berjenjang berdasarkan kaidah perjenjangan buku untuk meningkatkan keterampilan literasi baca-tulis siswa mengalami peningkatan secara signifikan.
ABSTRACT
Wahyuni, Heni Sri 2019. The Development of Tiered Book to Increase Literacy of Reading and Writing Skills Elementary School Students. Thesis, the Basic Education Program, Postgraduate of UNESA. Supervisor: (i) Prof. Dr. Kisyani Laksono, M. Hum., And (II) Dr. Hendratno, M. Hum.
Key words: Tiered book, Literacy of Reading and Writing Skills
This study aimed to describe the feasibility, practicality, and effectiveness of tiered book to Increase Literacy of Reading and Writing Skills Elementary School Students.
This research was conducted in Muhammadiyah 2 GKB elementary school with the research subjects were 30 third-grade students in academic year 2018/2019. This type of research is the development of research using 4-D models of Thiagarajan (1974). Description of eligibility of tiered book is the criteria for determining whether the quality of a product is fit for use or not. The instrument of the feasibility of using a sheet validation (content, language, and graphics). Description of practicality tiered book that is an evaluation tool that is more emphasis on the level of efficiency and effectiveness evaluation tool. The practicality description uses observation sheets implementation learning and student activity observation sheet. While, a description of the effectiveness of the tiered book is a measure that states how far the target (quantity, quality, and time) has been reached. Where the greater percentage of the target is achieved, the higher the effectiveness. This description of the assessment sheet achieved literacy skills to read and write Students and sheet student questionnaire responses.
Based on the analysis of data from the description of the feasibility, practicality, and effectiveness tiered book are translated, the recapitulation validation books tiered validation or feasibility books tiered in terms of content, language, and graphics get the average value of 48 with a percentage of 96% and has the category of very good or very good condition. Practicality, the recapitulation of the average final score is the teacher activity is 4.46 or have a percentage of 89.22% and a very good category. For the student activity had an average of 4:19 or percentage of 83.84% in both categories. Effectiveness, the results of the test average literacy skills to read and write before using tiered book earned an average of 52 categories Not Completed, and the average value increased after using a tiered book that earned an average of 89 in the category Completed. for a responsestudents towards learning that has been done is Very Good with the final percentage of 86%.Broadly speaking, it can be concluded that the development of a tiered book based perjenjangan rule book to improve the literacy skills of reading and writing of students has increased significantly.