Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana kelas XI OTKP di SMKN 2 Kediri thun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen quasi (quasi experimental design) dengan bentuk nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data menggunakan tes berupa pre-test, post-test dan dokumentasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Penelitian ini penelitian ini dilakukan pada seluruh siswa kelas XI OTKP 3 sebagai eksperimen dan kelas XI OTKP 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis (uji-t), dan uji gain score.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dinyatakan tuntas 100%, sedangan pada kelas control dinyatakan tuntas sebesar 65%. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah sebesar 57, sedangkan pada kelas control 57. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 83, sedangakan pada kelas control sebesar 74,7. Gain score atau selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 26, sedangkan pada kelas control adalah sebesar 17,7.
Berdasarkan hasil analisis uji-t nilai posttest, diperoleh nilai thitung sebesar 5,826 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan ttabel diketahui sebesar 1,995 dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan thitung (5,826) > ttabel (1,995). Sementara berdasarkan hasil analisis uji-t selisih (gain score) pretest dan posttest diperoleh nilai thitung sebesar 6,227 dengan taraf signifikansi 0,000. Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,995 dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil menunjukkan bahwa t-test < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dan thitung (6,227) > ttabel (1,995). Berdasarkan hasil analisis uji-t di atas, maka Ha diterima dan tolak H0. Sehingga terdapat pengaruh hasil belajar siswa setelah menerapkan model snowball throwing, dimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing lebih tinggi daripada hasil belajar kelas kontrol.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Snowball Throwing, Eksperimen, Hasil Belajar
This study aims to determine the effect of the application of the snowball throwing learning model on student learning outcomes in the subject of automation of facility and infrastructure governance in XI OTKP class 2 at SMKN 2 Kediri school year 2018/2019.
This type of research uses a quasi experimental design (quasi experimental design) with the form of nonequivalent control group design. Data collection methods using tests in the form of pre-test, post-test and documentation. The research instruments used were pre-test and post-test. This study was conducted on all students of class XI OTKP 3 as an experiment and class XI OTKP 2 as a control class. Data were analyzed using the homogeneity test, normality test, hypothesis testing (t-test), and gain score.
The results of this study indicate that the completeness of student learning outcomes in the experimental class was declared 100% complete, while in the control class was declared 65% complete. The average pretest value of the experimental class was 57, whereas in the control class 57. The average value of the experimental class posttest was 83, while in the control class it was 74.7. The gain score or the difference between the average pretest and posttest scores in the experimental class was 26, while in the control class it was 17.7.
Based on the results of the t-test analysis of the posttest value, thet valuecalculated of 5.826 with a significance level of 0.000. While ttable is known for 1.995 with a significance level of 0.05. These results indicate that the t-test <0.05 is 0.000 <0.05 and tarithmetic (5.826)> ttable (1.995). While based on the results of the t-test analysis of the difference (gain score) pretest and posttest obtained valuet of 6.227 with a significance level of 0.000. While the tvaluetable of 1.995 with a significance level of 0.05. The results show that the t-test <0.05 is 0.000 <0.05 and tarithmetic (6.227)> ttable (1.995). Based on the results of the t-test analysis above, then Ha is accepted and reject H0. So there is an influence of student learning outcomes after applying the snowball throwing model, where the learning outcomes of experimental class students who use the snowball throwing learning model are higher than the learning outcomes of the control class.
Keywords: Snowball Throwing Learning Model, Experiments, Learning Outcomes