Bahasa Jerman adalah salah satu bahasa asing yang diajarkan di Indonesia. Dalam Kurikulum 2013 bahasa Jerman di Indonesia diajarkan pada jenjang pendidikan menengah atas. Dalam proses pembelajarannya, kesulitan dialami oleh peserta didik karena setiap kata benda dalam bahasa jerman memiliki jenis kelamin atau artikel yang tidak bisa diubah. Selain itu peserta didik sekarang hampir semua sudah membawa telepon genggam ke sekolah. Alangkah baiknya jika telepon genggam tersebut dimanfaatkan sebagai alat untuk belajar bahasa dengan menggunakan permainan edukasi bernama Fun Easy Learn Deutsch. Belajar bahasa dengan bermain akan membuat peserta didik lebih mudah memahami materi serta peserta didik tidak akan merasa bahwa mereka sedang belajar (Ariani dan Haryanto, 2010:30). Game Fun Easy Learn Deutsch adalah aplikasi permainan edukasi yang digunakan untuk belajar bahasa, dalam hal ini bahasa Jerman. Game ini dapat menjadi alternatif untuk membantu pendidik dalam menyampaikan materi bagi peserta didik dengan tingkat kesukaran mudah dan dapat membantu peserta didik dalam memahami materi baru dalam pembelajaran secara mudah dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penggunaan game Fun Easy Learn Deutsch dalam pembelajaran Bahasa Jerman kelas XI. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan jenis studi pustaka. Data dikumpulkan dengan cara analisis. Teknik analisis dilakukan untuk mengetahui apakah game ini sesuai dengan syarat dan kriteria sebagai media pembelajaran dan bagaimana penggunaan game Fun Easy Learn Deutsch dalam pembelajaran Bahasa Jerman dengan materi yang sesuai dengan kurikulum 2013 kelas XI semester 1. Hasil penelitian mengahsilkan game Fun Easy Learn Deutsch dalam penggunaannya dapat pada awal pembelajaran sebagai pengantar materi awal serta mengetahui pengetahuan awal peserta didik dalam suasana menyenangkan karena mengenalkan materi dengan cara bermain melalui telepon genggam.
German is one of the foreign languages taught in Indonesia. In the 2013 curriculum, German language in Indonesia is taught at the senior secondary level. In the learning process, students feel some difficulties because every noun in German has a gender or an article that cannot be changed. Besides that, almost all students now carry cellphones to school. It would be nice if the cell phone was used as a tool to learn languages using an educational game called Fun Easy Learn Deutsch. Learning languages by playing will make it easier for students to understand the material and students will not feel that they are learning (Ariani and Haryanto, 2010: 30). Fun Game Learn Easy Deutsch is an educational game application used to learn languages, in this case, German. Learning languages by playing will make it easier for students to understand the material and students will not feel that they are learning (Ariani and Haryanto, 2010: 30). Fun Easy Learn Deutsch is an educational game application used to learn languages. In this case, German. This game can be an alternative to assist educators in delivering material to students with easy difficulty levels and can help students to understand new material in the learning process easy and fun. The purpose of this study is to describe how to use the Fun Easy Learn Deutsch game in learning German XI grade. This research was conducted with a qualitative method with the type of literature study. Data is collected through analysis. The analysis technique is used to find out whether this game is following the terms and criteria as a learning medium and how to use the Fun Easy Learn Deutsch game in learning German with materials that are in line with the 2013 curriculum class XI semester 1. The results of the study described that game Fun Easy Learn Deutsch can be used at the beginning of learning as early introduction to initial material and to know the initial knowledge of learners in a fun atmosphere for introducing material in a way to play through mobile phones.