PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MIND MAPPING PADA ERA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
DEVELOPMENT OF MIND MAPPING-BASED INTERACTIVE LEARNING MEDIA IN THE ERA OF DISTANCE LEARNING ERA
Keterbatasan penggunaan media pembelajaran di era pembelajaran jarak jauh membuat sekolah perlu mengoptimalkan setiap materi dengan adanya alternatif pengembangan untuk mewakili kegiatan evaluasi diri, skema hitung rumus, dan bentuk proyeksi kurva. Kemunculan pengembangan media mind mapping ekonomi versi offline dekstop di era pembelajaran jarak jauh menyandang tujuan: 1) untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis mind mapping; 2) untuk menganalisis struktur kepraktisan; 3) untuk menganalisis mengukur seberapa besar signifikan yang muncul atas perubahan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah dikenai media yang telah dikembangkan; 4) untuk menganalilsis analisis terkait dengan mengukur tanggapan, reaksi, dan dampak yang dirasakan pasca menggunakan media pengembang. Tahap pengujian terbatas pada masing-masing 20 peserta didik kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang ada di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Peneliti dalam mengumpulkan data memakai metode dokumentasi, wawancara, lembar telaah dan validasi ahli, serta angket. Adopsi tahapan Four D (define, design, develop, dessiminate) merupakan metode yang digunakan untuk mengembangkan produk pada penelitian ini dengan luaran aplikasi berformat .EXE (ekstensi file) yang sesuai dengan penggunaan pada komputer sistem windows. Hasil penelitian merujuk pada pengembangan media dinyatakan sangat layak dengan persentase uji materi 93%, uji media 87%, uji evaluasi 84%. Adapun tingkat media dinyatakan sangat praktis dengan persentase 90%. Efektivitas media menunjukkan adanya peningkatan pemahaman yang lebih dominan secara signifikan dibanding hasil ukur dengan media lain. Respons positif sejumlah 88% diberikan peserta didik pada media pengembangan ini. Sehingga media pembelajaran interaktif berbasis mind mapping layak sebagai penunjang pemahaman peserta didik dan diterapkan di era pembelajaran jarak jauh.
The limited use of learning media in the era of distance learning makes schools need to optimize each material with alternative developments to evaluate self-evaluation, formula calculation schemes, and curve evaluation forms. The emergence of the offline version of desktop economic mind mapping media development in the era of distance learning has the following objectives: 1) to prioritize mind mapping-based interactive learning media; 2) to analyze the structure of practicality; 3) to analyze how significant the changes in student learning outcomes were before and before being given the media that had been developed; 4) to analyze the analysis related to assessing the responses, reactions, and perceived impacts after the use of developer media. The testing phase is limited to 20 students in class X IPS 1 and X IPS 2 at SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Researchers in collecting data using documentation methods, interviews, review sheets and expert validation, and questionnaires. The adoption of Four D stages (define, design, develop, disseminate) is the method used to develop the product in this study with an application output in .EXE format (file extension) that is suitable for use on a Windows computer system. The results of the study refer to the development of the media which is stated to be very feasible with the percentage of material testing 93%, media testing 87%, evaluation testing 84%. The media level is stated to be very practical with a percentage of 90%. The effectiveness of the media shows an increase in understanding that is significantly more dominant than the results of measurements with other media. 88% positive responses were given by students to this development media. So that mind mapping-based interactive learning media can support students' understanding and be applied in the era of distance learning.