Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Di SMKN 7 Surabaya
The Effectiveness of Google Sites-Based Learning Media on Student Learning Outcomes in Electrical Power Installation Subjects at SMKN 7 Surabaya
Dalam era digital, integrasi media pembelajaran online seperti Google Sites sangat penting. Media Pembelajaran berbasis Google Sites ini dirancang dengan tujuan untuk menentukan keefektifan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang merupakan singkatan dari Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan atau produksi), Implementation (pelaksanaan atau pengiriman), dan Evaluation (evaluasi). Google Sites adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh Google untuk fungsi pembuatan situs. Penggunaannya sangatlah simpel, khususnya sebagai pendukung dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan sejumlah fitur seperti Google Docs, Sheets, Forms, Calendar, Awesome Table, dan berbagai fitur lainnya. Validasi Aspek Media dan Materi masing-masing menunjukkan tingkat kevalidan 0,85 dan 0,87.
Dari hasil penelitian ini, (1) Tingkat validasi dari Aspek media mendapatkan skor validasi sebesar 0,85, dan Aspek materi mendapatkan skor validitas sebesar 0,87. Rata-rata dari kedua aspek tersebut sebesar 0,86 masuk dalam kategori validitas tinggi dan media ajar Google Sites dapat digunakan untuk proses pembelajaran mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 7 Surabaya. (2) Kepraktisan media pembelajaran Google Sites yang dinilai dari respon siswa terhadap media pembelajaran mendapatkan rata-rata kepraktisan sebesar 89,92% yang termasuk dalam kategori sangat baik/sangat praktis. Berdasarkan hasil respon tersebut, media pembelajaran modul sistem gardan mendapatkan respon positif dari siswa kelas XI TITL SMKN 7 Surabaya. (3) Keefektifan media ajar Google Sites diperoleh dari hasil belajar siswa dalam kategori tuntas atau lebih besar dari KKM (75). Data hasil belajar didapatkan dari sampel yang berjumlah 37 siswa. Jumlah skor nilai yang didapat pada pre-test yang di bawah nilai 75 sebanyak 33 siswa dengan total nilai sebesar 2294 dengan rata-rata nilai 62. Sedangkan pada saat post-test, yang di atas nilai 75 sebanyak 35 siswa dengan total nilai sebesar 3263 dan rata-rata nilai sebesar 88,19. Dari hasil tersebut menghasilkan kenaikan nilai pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji N-gain dengan skor minimum 0,33 dan skor maksimum 0,96 dengan rata-rata skor mengalami peningkatan 0,74 dengan persentase 74,88%. Sesuai dengan kriteria uji N-gain, nilai tersebut memiliki kategori tinggi. Artinya, media ajar Google Sites ini sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: google sites, instalasi tenaga listrik,media pembelajaran,ADDIE, efektivitas pembelajaran
In the digital era, the integration of online learning media such as Google Sites is very important. This Google Sites-based learning media was designed to determine the effectiveness of student learning outcomes. This research uses a type of research and development research or Research and Development (R&D) with the ADDIE model, which stands for Analysis (analysis), Design (design), Development (development or production), Implementation (implementation or delivery), and Evaluation ( evaluation). Google Sites is a product developed by Google for site creation functions. Its use is very simple, especially as a support in the learning process by utilizing several features such as Google Docs, Sheets, Forms, Calendar, Awesome Table, and various other features. Validation of Media and Material Aspects shows a validity level of 0.85 and 0.87, respectively.
From the results of this research, (1) The validation level of the media aspect received a validation score of 0.85, and the material aspect received a validity score of 0.87. The average of these two aspects is 0.86, which is in the high validity category and the Google Sites teaching media can be used for the learning process of the Electrical Power Installation subject at SMKN 7 Surabaya. (2) The practicality of the Google Sites learning media, which was assessed from students' responses to the learning media, obtained an average practicality of 89.92% which was included in the very good/very practical category. Based on the results of these responses, the axle system module learning media received a positive response from class XI TITL SMKN 7 Surabaya students. (3) The effectiveness of Google Sites teaching media is obtained from student learning outcomes in the complete category or greater than the KKM (75). Learning outcome data was obtained from a sample of 37 students. The total scores obtained in the pre-test were below 75 as many as 33 students with a total score of 2294 with an average score of 62. Meanwhile, during the post-test, those above 75 were 35 students with a total score of 3263 and the average value is 88.19. These results increase the value of student learning outcomes. Based on the results of the N-gain test with a minimum score of 0.33 and a maximum score of 0.96 with an average score increasing of 0.74 with a percentage of 74.88%. By the N-gain test criteria, this value is in the high category. This means that Google Sites teaching media is very effective in improving student learning outcomes.
Keywords: google sites, electrical power installation,learning media, ADDIE, ;earning effectiveness